100 Desa di Kaur Diminta Percepat Pengajuan DD

AJUKAN: Kades bersama perangkatnya saat mengajukan rekomendasi pencairan DD ke Kantor PMD Kaur, Rabu (11/3).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Menjelang pertengahan bulan Maret 2021 ini, dari 192 desa yang ada di Kabupaten Kaur, yang sudah mengajukan pencairan dana desa (DD) tahap pertama baru 92 desa. Sementara sisanya 100 desa belum menyampaikan permohonan pengajuan pencairan DD tahap awal. Menyikapi hal ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kaur meminta sejumlah desa mempercepat pengusulan mengingat ini sudah memasuki pertengahan Maret.

“Dalam DD itu juga diwajibkan mengalokasikan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sehingga sudah bisa diserahkan kepada masyarakat bila memang dialokasikan,” kata Kepala PMD Kaur, Asmawi SAg, Rabu (11/3).

Dikatakan Asmawi, desa juga dalam menyusun APBDes desanya diminta tetap berpedoman dengan RPJMDes masing-masing dan tentunya dalam penyusunanya melibatkan unsur masyarakat serta mengutamakan skala prioritas dalam pembangunan. Jangan sampai setelah proses pembangunan berjalan malah masyarakat banyak tidak tahu dan mengaku tidak pernah dilibatkan dalam musyawarah. Akhirnya berakibat dengan kisruh di desa pada akhirnya malah ada yang saling lapor kepengak hukum.

“Sebelum menentukan arah pembangunan diharapkan benar benar benar dipertimbangan terlebih dahulu,” imbuhnya.

Ditambahkannya, mengenai BLT-DD dia menegaskan pihak desa juga harus cermat, jangan sampai tumpang tindih dan berakhir dengan pengembalian. Pastikan warga yang akan menerima kucuran bantuan itu tak mendapatkan bantuan serupa dari pemerintah. Selaian itu juga lakukan sleksi jangan sampai ada kecemburuan sosial dimana yang satu kondisi kehidupannya serba kekurangan tak dapat bantuan sementara yang lain diatasnya malah mendapatkan kucuran bantuan.

“Dalam menentukan kebijakan baik Kades maupun perangkat ini benar-benar harus selektif dan tepat sasaran,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*