10 Tim Ramaikan Kids Fun Drum Band Festival

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 10 tim drumband dari Taman Kanak-kanak (TK) di Bengkulu, mengikuti event Funs Kids Drum Band Festival, di Balai Semarak, yang juga sebagai rumah dinas Gubernur Bengkulu, kemarin (11/3). Kegiatan ini digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaann (Disdikbud) Provinsi Bengkulu, bekerja sama dengan Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI).

Sekretaris Disdikbud Putera Rahman SH menegaskan, lomba kids drumband sebagai ajang memberikan pendidikan karakter bagi peserta didik ditingkat Pendidikan Anak Usia Dini dalam hal ini Taman Kanak-kanak. “Ini rangkaian kegiatan GOPTKI bekerja sama dengan Disdikbud Provinsi Bengkulu. Tujuanya untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak Paudni,” ungkap Putera Rahman.

Dikesempatan sama, Ketua DPD GOPTKI Provinsi Bengkulu, Ny Asmeri Novita Nopian menegaskan, kegiatan ini salah satu program GOPTKI untuk meningkatkan kreatifitas anak supaya bisa tampil dan percaya diri. Menurutnya, banyak nilai positif dalam seni drum band untuk anak yang masih diusia emas untuk melatih kerjasama, kedisiplinan dan kosentrasi.

“Di sini akan terlihat bagaimana mereka bisa berinteraksi, yang penting mereka bisa bekerja sama dengan baik,” imbuhnya.

Pada kegiatan selevel tingkat provinsi ini tidak semua TK bisa menghadirkan tim Drumband terbaikny, khususnya dari kabupate. Pasalnya belum semua Paud atau Taman kanak-kanak memiliki fasilitas alat kesenian tersebut. “Sangat disayangkan tidak semua TK bisa ikut, karena keterbatasan sarana dan prasarana,” imbuhnya.

Kasubag Tata Usaha Pengembangan Pendidikan UPTD Kejuruan UPTD Pengembangan Pendidikan Kejuruan Salmi SPd menuturkan, lomba ini untuk mengembangkan drumband sekaligus ajang kreatifitas anak-anak TK, ini juga salah satu keterampilan musik yang banyak dikembangkan di lembaga Paud.

Lomba yang digelar sehari itu melibatkan 10 tim drumband yang seluruhnya dari TK di Kota Bengkulu. Guna suksesnya perlombaan itu, Ddisdikbud melibatkan tim juri dari Persatuan Drumband Band Indonesia. Adapun tujuh penilaian lomba drumband Taman kanak-kanak yaitu musik meliputi aransemen, dinamika, ketepatan nada, keceriaan, serta keunikan.

Selain itu juga dilakukan pemilihan the best display meliputi bentuk formasi, ketertiban barisan, penguasaan lapangan, serta variasi kreatifitas. Berikutnya, pemilihan the best costume, the best leader, the best performance. Kegiatan Kids Fun Drum Band Festival ini dibuka Sekretaris Disdikbud Provinsi Bengkulu Putera Rahman SH. Dihadiri pula Ketua DPD GOPTKI Provinsi Bengkulu, Ny Asmeri Novita Nopian, pejabat dinas Dikbud, serta diramaikan peserta lomba dan wali murid. (247)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*