10 Pucuk Senpi Diamankan

ARGA MAKMUR, BE – Kodim 0423/BU kembali mengamankan 10 pucuk senpi laras panjang dan laras pendek jenis double loup, mouser dan rakitan.    Namun baru 6 pucuk Senpi yang diserahkan ke Polres BU.  Sedangkan 4 pucuk lagi, Senpi laras panjang, masih dalam perjalanan menuju Polres BU. Diketahui, enam pucuk Senpi yang diserahkan langsung oleh Dandim 0423/BU, Letkol Inf.

Aldomoro SH kepada Kapolres BU, AKBP Asep Teddy Nurrasyah S.Ik yang juga disaksikan Sekkab BU, Drs Said Idrus Albar di Polres BU, sekitar pukul 14.00 WIB.

Dandim BU, Aldomoro mengatakan dari 6 pucuk Senpi itu, tidak ditemukan adanya peluru dan keseluruhannya merupakan Senpi asli pabrikan.   Hanya saja tahun pembuatan senpi tersebut sudah lama alias Senpi tua/lawas, namun tetap berbahaya.

“Diketahui ada 1 pucuk Senpi jenis laras pendek (pistol) tampak seperti rakitan, setelah diteliti komponen pistol itu asli keluaran pabrikan namun dibuat seperti rakitan, padahal seluruh komponen pistol itu asli semua,” terang Dandim.
Senpi tersebut diserahkan oleh warga yang berdomisili di wilayah hukum Bengkulu Utara dan Mukomuko yang diyakini masih banyak Senpi yang beredar di masyarakat, khususnya di Bengkulu Utara.

Kapolres BU, AKBP Asep Teddy Nurrasyah S.Ik mengatakan berterima kasih atas yang telah diperbuat pihak Kodim 0423/BU dalam mengamankan Senpi di masyarakat.  Pihaknya juga siap menerima senpi yang sudah diamankan. “Berapapun yang diamankan, kami siap terima. Sementara waktu ini, senpi-senpi itu kami simpan di gudang logistik senjata,” beber Kapolres yang juga memberikan apresiasi besar kepada Kodim BU.

Ia juga mengatakan jika diyakini nantinya masih banyak Senpi yang beredar di masyarakat, anggota Polres siap untuk gelar operasi, dengan konsepnya ada tindakan hukum jika terbukti masih ada warga yang memiliki Senpi tanpa izin/legalitas, karena semua yang dilakukan untuk mengurangi tindak kriminalitas, terkhusus di BU. (117)