10 Poktan Dibantu Bibit Cabai

Cabai 1
Foto:Ist

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Program bantuan bibit cabai untuk masyarakat Kabupaten Kepahiang, kembali berlanjut di tahun ini. Sebanyak 10 kelompok tani (Poktan) diajukan menerima bantuan bibit cabai dari pemerintah pusat melalui Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

Proposal permohonanan bantuan bibit cabai untuk petani Kabupaten Kepahiang sudah disampaikan Dinas Pertanian Kepahiang kepada Distan Provinsi Bengkulu. Proses seleksi pembagian bantuan bibit dilaksanakan Distan Provinsi Bengkulu.

“Proposal dari 10 Poktan calon penerima bantuan bibit sudah kita sampaikan ke Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, nanti proses pembagian dan penyalurannya berada di tingkat provinsi” terang Kepala Dinas Pertanian Kepahiang, Hernawan SPKP melalui Kabid Holtikultura, Budi SP.

Menurutnya, alokasi kuota bantuan bibit cabai dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Kepahiang adalah bibit cabai untuk lahan seluas 40 hektar. Nantinya total bibit cabai tersebut akan dialokasi untuk Poktan yang mengajukan proposal.

Mengenai jumlah kelompok yang diterima serta banyaknya bantuan bibit masing-masing poktan tergantung dengan pembagian di Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu. “Kita masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari provinsi, berapa jumlah Poktan yang akan diakomodir. Kalau jumlah kuota bantuan bibit cabai khusus untuk Kabupaten Kepahiang ada sekitar 40 hektar,” terangnya.

Menurut Budi, satker program bantuan bibit cabai berada di Provinsi Bengkulu. Jadi, Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang berperan sebagai pengusul proposal yang disampaikan Poktan.  “Kewenangan yang menentukan atau memberikan SK Poktan yang mendapatkan program bantuan ini di Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu,” demikian Budi. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*