10 Pemain Arsenal Bekuk Sunderland

arsenal vs sundrrlansArsenal sukses memetik poin penuh kala bertandang ke markas Sunderland. Meski bermain dengan 10 orang, The Gunners mampu meraup tiga poin berkat kemenangan tipis 1-0.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadium of Light, Sabtu (9/2/2013) malam WIB, Arsenal tampil relatif lebih dominan ketimbang Sunderland di babak pertama. Catatan menunjukkan Arsenal unggul penguasaan bola hingga 68%.

Arsenal juga dominan dalam melepaskan tendangan ke arah gawang. Tercatat, ada empat tembakan yang berstatus tepat sasaran ke gawang Simon Mignolet.

Olivier Giroud sempat mendapatkan beberapa peluang bagus. Namun, semua peluang itu urung menjadi gol. Salah satu tendangannya, yang dilepaskan di muka gawang Sunderland, melenceng tipis ke sebelah kiri gawang Mignolet.

Barulah pada menit ke-36 Arsenal bisa unggul. Gol tersebut diawali oleh serangan yang dibangun Jack Wilshere. Ia menerobos sampai depan kotak penalti Sunderland, sebelum akhirnya melepaskan operan kepada Theo Walcott.

Walcott kemudian memberikan bola kepada Santi Cazorla yang berdiri di sisi kiri. Tanpa buang-buang waktu, gelandang asal Spanyol itu langsung melepaskan tendangan kaki kiri. Bola pun mengarah ke pojok bawah gawang Mignolet. Arsenal 1, Sunderland 0.

Beberapa menit menjelang babak pertama berakhir, giliran Walcott yang mendapatkan peluang. Namun, tendangannya setelah menyambut operan dari Giroud masih menyamping tipis ke sebelah kanan Mignolet.

Di babak kedua, tekanan yang dilancarkan Arsenal tak kunjung membuahkan hasil. Sebaliknya, Sunderland juga kerap membahayakan lewat serangan yang dibangun Stephane Sessegnon dan Steven Fletcher.

Beberapa penyelamatan yang dilakukan oleh Wojciech Szczesny juga membuat gawang Arsenal aman. Soccernet mencatat, setidaknya kiper asal Polandia itu melakukan tiga penyelamatan penting.

Yang tidak kalah tangguh adalah Mignolet. Kiper asal Belgia itu tercatat melakukan tujuh penyelamatan. Sementara Arsenal sendiri setidaknya melepaskan 9 shots on target.

Arsenal kemudian bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-62 setelah Carl Jenkinson mendapatkan kartu merah. Jenkinson menerima kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran terhadap Sessegnon.

Selanjutnya, Sunderland tampil membombardir pertahanan Arsenal. Tetapi, berbagai peluang yang mereka ciptakan mentah oleh pertahanan Arsenal.

Peluang Fletcher masih bisa dihalau pada menit 78. Begitu juga dengan tendangan Adam Johnson yang dilepaskan dari luar kotak penalti pada menit ke-90. Pada akhirnya, mereka tak kunjung mampu membobol gawang Arsenal.

Arsenal naik ke posisi lima klasemen sementara dengan koleksi nilai 44. Sementara Sunderland turun ke urutan 13 dengan koleksi nilai 29.

Susunan Pemain

Sunderland: Mignolet, Rose (Vaughan 82), Gardner, Bramble, O’Shea, N’Diaye (Graham 68), Cattermole (Larsson 45), Colback, Johnson, Sessegnon, Fletcher.

Arsenal: Szczesny, Sagna, Nacho Monreal, Jenkinson, Mertesacker, Arteta, Ramsey, Wilshere (Diaby 50), Cazorla, Walcott, Giroud.