10 OPD KB Kabupaten/kota Diminta Pro Aktif Bantu Program KKBPK

Bengkulu, Bengkulu Ekspress. com – Pelaksana tugas Gubernur, Dr. drh Rohidin Mersyah mengimbau OPD (Organisasi Perangkat Daerah) KB (Keluarga Berencana) untuk membantu program BKKBN (Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional) mengenai Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Hal itu disampaikannya dalam rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi Daerah Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) provinsi Bengkulu tahun 2018.

” Tentu pertemuan Rakor ini menjadi strategis sekali terkait lintas sektor yang ada. Masing-masing OPD yang membidangi program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di masing-masing kabupaten atau kota harus Pro Aktif dan punya data yang jelas,” ungkap Rohidin kepada bengkuluekspress.com (21/3).

Lebih lanjut Rohidin mengatakan, SDM yang baik berjenjang secara alternatif dari wilayah kampung KB (keluarga Berencana) baik kabupaten kota atau pun provinsi yang harus dikoordinasikan oleh BKKBN.

Kegiatan Rakor tersebut digelar di Grage Hotel Bengkulu pada Rabu(21/3). Rakor tersebut mengangkat tema penguatan integrasi program lintas sektor di kampung KB guna mempercepat terwujudnya kualitas sumber daya manusia. Dengan dihadiri oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Sekretaris Utama BKKBN Noprijal,S.P M.A, FKPD (Forum koordinasi Pimpinan Daerah) Provinsi Bengkulu, Mitra kerja, Stakeholder, OPD 10 kabupaten/kota serta tamu undangan lainnya.

Sementara itu kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Busmar Edisyaf, Sp. MM mengatakan, dalam upaya memastikan seluruh arah dan kebijakan serta strategis yang disusun dapat terlaksana dengan baik.

” Maka itu kita menyelenggarakan rapat koordinasi Daerah program KKBPK tahun 2018 ini. Agar strategi yang disusun dapat berjalan dengan terarah, efektif dan efisien serta terbentuknya komitmen untuk pernyataan integrasi program lintas sektor kampung KB,” papar Busmar.

Secara umum pertemuan Rakorda ini, diharapkan dapat membangun pengertian dan komitmen para pemangku kepentingan (Stakeholder) dan mitra kerja tentang progran KKBPK dalam rangka mencapai sasaran RKP 2018. Serta meningkatkan pemahaman tentang isu-isu strategis program KKBPK. (HBN/ Adv)