10 Mesin Perontok Padi Tiba

benih padi
foto: ist

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) tahun 2019 ini kembali mendapat tambahan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan).Terbaru, 10 unit alat perontok padi yang merupakan kebutuhan pasca panen mendarat di halaman belakang kantor Distan Kabupaten Benteng Desa Renah Semanek, Kecamatan Karang Tinggi.”Sebanyak 10 unit power trezer bantuan dari Pemerintah Pusat telah tiba,”kata Kabid Tanaman Pangan Distan Kabupaten Benteng, Zulian Effendi SP, kemarin (18/7).

Lebih lanjut, Zulian menjelaskan, bahwa bantuan yang telah dikirim belum sepenuhnya sesuai harapan. Pasalnya, usulan yang disampaikan sejak akhir tahun 2018 lalu berjumlah sebanyak 200 unit. Sehingga, sebagian besar petani sawah di Kabupaten Benteng bisa mendapatkan manfaat secara merata.”Usulan kami 200 unit. Diharapkan ada lagi penambahan,” harap Zulian.

Untuk teknis pembagian Alsintan, jelasnya, pihaknya masih menunggu petunjuk dari Distan Provinsi Bengkulu. Pun begitu, Distan Kabupaten Benteng telah menentukan kelompok tani (Poktan) ataupun gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang berhak menerima bantuan.

“Kami sudah melakukan pengecekan terhadap calon penerima dan calon lokasi (CPCL) yang akan menjadi sasaran penerima bantuan. Yang jelas, Poktan penerima sudah tergistrasi dan terdaftar secara resmi,” demikian Zulian.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*