10 KWT Bakal Terima Bantuan

petani_ug4yk9
Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Sebagai bentuk dukungan terhadap masyarakat dalam upaya meningkatkan usaha pengembangan pemanfaatan pekarangan berbasis Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur melalui Dinas Ketahanan pangan (DKP) Kaur, tahun ini bakal memberikan bantuan dana kepada 10 Kelompok Wanita Tani (KWT) Kabupaten Kaur.

“Bantuan untuk KWT melalui dana APBN ini cair sekitar bulan Mare dan April, dan ini untuk pengembangan lahan pekarangan untuk 10 KWT,” kata Kepala DKP Kaur Wariman MM, kepada Bengkulu Ekspress kemarin (10/1).

Dikatakannya, untuk besar bantuan yang diberikan pada masing-masing kelompok sebesar Rp 20 hingga 50 juta, dan nantinya dana tersebut akan disalurkan melalui rekening kelompok. Jumlah bantuan tahun 2019 sama besarnya dengan tahun lalu. Bantuan rencananya diperuntukan untuk pengadaan bibit tanaman holtikultura, hewan ternak dan perikanan, serta jenis komoditi yang lainnya.

“Bantuan ini dari dana APBN dan kita disini hanya menyalurkan saja, karena dana bantuan ini yang mengelola langsung dari Provinsi,” terangnya. Lanjutnya, para calon penerima bantuan tersebut diharapkan memiliki perencanaan yang matang dengan membuat Rencana Kerja Kebutuhan Anggaran (RKKA) terlebih dahulu. Sehingga setelah bantuan tersalur, pemanfaatannyapun dapat membawa keberhasilan dan mampu mensejahterakan anggotannya.

“Ke depannya kita berharap seluruh desa memiliki KWT sehingga lahan pekarangan rumah dapat termanfaatkan dengan optimal. Juga peran aktif Kades juga diperlukan guna mendorong pemanfaatan lahan pekarangan ini,” harapanya.

Ditambahkannya, pemanfaatan lahan pekarangan merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mewujudkan kemandirian pangan dalam rumah tangga. Tidak hanya berupa tanaman holtikultura saja, pemanfaatan lahan pekarangan juga bisa berupa pembuatan kolam ikan atau pun memelihara ternak. “Dengan bantuan KWT ini nanti diharapkan nantinya akan dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta meningkatkan pendapatan keluarga,” harapnya.(618)