10 Eselon II Segera Diseleksi

Foto : Plt Kepala BKPSDM Benteng, Apileslipi SKom MSi

Dua Pejabat Bakal Nonjob

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Kesempatan emas bagi pejabat eselon III di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang telah mencukupi syarat untuk seleksi jabatan eselon II.”Jika tak ada halangan, pendaftaran akan dibuka pada minggu kedua bulan Juli 2019,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Benteng, Apileslipi SKom MSi, kemarin (26/6).

Sebelum mendaftaran dibuka, lanjut Lipi, pihaknya harus terlebih dahulu mengantongi surat persetujuan atau rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).”Minggu depan, Insya Allah rekomendasi KASN sudah keluar,” beber Lipi.

Sejauh ini, terdapat sebanyak 8 jabatan eselon II mengalami kekosongan. Sementara ini, sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) terpaksa dikomandoi oleh pejabat eselon III sebagai pelaksana tugas (Plt) hingga pejabat eselon II terpenuhi. Tentunya melalui proses seleksi jabatan yang dilakukan secara terbuka oleh BKPSDM Kabupaten Benteng.



Diantaranya, pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora), BKPSDM, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng.

Mengingat sejumlah pejabat akan memasuki masa persiapan pensiun (MPP), terang Lipi, seleksi jabatan akan dilakukan untuk 10 jabatan eselon IIa.”Dalam waktu dekat, akan ada mutasi pejabat eselon II di lingkungan Pemda Benteng. Setidaknya, 2 pejabat eselon II akan dikembalikan ke posisi fungsional (non job). Setelah itu, barulah pendaftaran 10 jabatan eselon II dibuka,” paparnya.

Selama seleksi berlangsung, Pemda Benteng akan membentuk panitia seleksi (Pansel) yang memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam menjaring 3 orang peserta terbaik yang akan direkomendasikan ke KASN sebelum akhirnya dipilih Bupati.

“Bagi putra-putri daerah yang sudah memenuhi persyaratan, silahkan untuk mendaftarkan diri. Selain pejabat di lingkungan Pemda Benteng, pejabat yang berasal dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu juga memiliki kesempatan yang sama,” demikian Lipi.(135)