10 Desain Batik Diwo Dipersentasikan

2 RIO-BATIK TULIS BESUREK
Foto : IST

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Lomba mencari desain batik diwo yang digelar Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Kepahiang sudah memasuki babak akhir. Sepuluh besar desain yang sudah diterpilih akan mempresentasikan penjelasan desain yang dibuat dihadapan juri yang sudah ditunjuk Dinas Perindustrian dan Ketenaga Kerja Sabtu (15/12).

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Yurnalis mengatakan para peserta yang masuk 10 besar akan menjelaskan detail desain yang dibuat. Sehingga diketahui secara pasti makna-makna yang tercantum didalam desain mereka supaya juri bisa menentukan pemenang. “Presentasi Peserta Lomba Desain Batik Diwo di Kantor Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, hari Senin baru pengumuman pemenang,” ujar Yurnalis.



Selain itu, pemerintah daerah melalui Dinas Perindusrian dan Tenaga Kerja juga memberikan bantuan sarana prasarana membatik dan dilanjutkan pelatihan batik cap. “Senin (17/12) itu juga ada pemberian bantuan sarana, serta pembagian hadiah pemenang lomba,” tuturnya.

Program lomba desain batik diwo merupakan salah satu upaya Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja meningkatkan semangat masyarakat melestarikan batik khas Kabupaten Kepahiang. Serta mendorong industri kecil menengah dan rumahan agar dapat menjadi pengrajian batik diwo yang bisa dipasarkan secara luas. (320)