10 ASN Lebong Bercerai

Foto:IST

LEBONG, bengkuluekspress.com – Pengadilan Agama (PA) Lebong telah memutus 10 perkara, dari total 157 perkara hingga November 2019 dalam kasus perceraian Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Lebong. Kepala PA Lebong, Mukhlisin Noor SH melalui Panitera Muda Hukum, Edo Awismar SH menjelaskan, dari total kasus perceraian yang terjadi di tahun 2019 ini, didominasi akibat masalah ekonomi dan beberapa masalah keluarga lainnya.

“Faktor ekonomi yang masih mendominasi perceraian, sehingga para istri melayangkan gugatan,” jelasnya, kemarin (08/12).

Menurut Edo, dari total 157 kasus perceraian, terbanyak putusan terjadi pada bulan Oktober dan November 23. 16 dan 17 putusan untuk CG, sementara untuk CT masing-masing 6 dan 7 putusan. “Memang kita menyayangkan banyaknya pasangan suami istri yang melakukan perceraian,” ucapnya.

Ia menambahkan, dalam setiap persidangan yang laporan diterima oleh pihaknya, sebelum putusan dilakukan, hakim selalu melakukan mediasi antara kedua belah pihak agar jalan perceraian bisa dibatalkan. “Dalam kasus perceraian, kita menerima perkara yang masuk dan memprosesnya, namun sebelum putusan selalu akan dilakukan mediasi,” ujarnya.

Untuk itulah, dirinya berharap, kepada seluruh suami istri di Kabupaten Lebong agar selalu berfikir luas dalam memutuskan untuk bercerai. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya perceraian merupakan hal yang tidak seharusnya dilakukan serta pertimbangan yang lainnya. “Termasuk pertimbangan keluarga yang juga harus dipkirikan jika nantinya melakukan perceraian,” imbaunya.

Data terhimpun, adapun kasus perceraian yang telah diputus PA Lebong, yaitu Cerai Gugat (CG) sebanyak 113 perkara yang terdiri dan 44 perkara Cerai Talak (CT) yang diajukan pihak laki-laki. Sementara untuk bulan Maret ada 8 perkara CG, bulan April 8 perkara CG dan 4 perkara CT.

Untuk bulan Mei dan Juni masing-masing 9 dan 10 perkara untuk CG dan masing-masing 3 perkara untuk CT. Untuk bulan Juli dan Agustus masing-masing 7 dan 3 perkara CG dan masing-masing 4 perkara untuk CT. Kemudian untuk bulan September dan Oktober masing-masing sebanyak 15 dan 16 perkara untuk CG, sementar untuk CT masing-masing 5 dan 7 perkara.Bulan November sebanyak 17 perkara CG dan 6 perkara CT. (614)