1 Pasien Covid-19 Meninggal di Lebong Bertambah 1 Orang

ERICK/BE
MAKAM : Pasien positif Covid-19 ketika dimakamkan secara prokes di TPU Desa kampung Muara Aman Kecamatan Amen Kabupaten Lebong.

LEBONG,bengkuluekspress.com – Warga Kabupaten Lebong meninggal dunia di Kabupaten Lubuk Linggau Provinsi Sumatra Selatan akibat terpapar wabah Covid-19 kembali bertambah 1 orang. Kali ini seorang ibu bernama Irvanita (53) Warga Desa Kampung Muara Aman Kecamatan Amen dan langsung dimakamkan secara protokol kesehatan (Prokes) di Desa Kampung Muara Aman.
Kepala Desa Kampung Muara Aman, Robdhial Ghani mengatakan, bahwa sebelumnya 1 minggu terakhir almarhuma mengalami sakit dan pihak keluarga membawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong. Akan tetapi almarhuma harus dirujuk dan ketika dirujuk ke Kota Bengkulu tidak bisa karena penuh.
“Untuk itulah, Almarhuma dibawa ke RS di Lubuk Linggau,” sampainya, Selasa (15/06).

Menurutnya, pada saat di RS Lubuk Linggau langsung diambil sampel swab. Namun pada Selasa tengah malam (15/06) yang bersangkutan dinyatakan meninggal. Sementara untuk hasil swab baru didapat pihak keluarga pada menjelang subuh dan dinyatakan positif covid-19.
“Pihak keluarga meminta almarhuma di kuburkan di Kabupaten Lebong, sehingga pihak keluarga menyetujui jika dikuburkan secara prokes,” ucapnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lebong, Rachman SKM MSi mengatakan, bahwa setelah dilakukan pemakaman secara prokes, pihak keluarga yang ada kontak dengan almarhuma langsung dilakukan tracing sebanyak 4 orang setelah selesai dilakukan .
“Untuk hasil nya memang un reaktif atau negative, namun untuk pemeriksaan swab masih akan kita kirim ke Provinsi dan semuanya kita minta isolasi mandiri,” jelasnya

Dari hasil informasi yang didapat almarhuma dilakukan swab di RS Lubuk Linggau pada tanggal 11 Juni. Dimana sebelumnya yang bersangkutan memiliki penyakit penyerta dalam hal ini sakit hipertensi.
“Itu data yang kita dapatkan untuk sementara ini,” tutupnya. (614)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*