1.704 Siswa Daftar SBMPTN

SBMPTN (4)BENGKULU, BE – Semakin dekatnya penutupan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), para siswa SMA, SMK, dan MA sudah berbondong mendaftar. Mereka ingin mengejar cita-cita kuliah di universitas idaman. Sejak beberapa hari terakhir Bank Mandiri di Jalan S. Parman, tempat pembayaran resmi biaya SBMPTN ramai dipenuhi para calon mahasiswa tersebut. Terhitung kemarin, sudah sebanyak 1.704 orang calon mahasiswa telah mendaftar.
Fitriyani (18), siswi dari SMAN 1 Kabupaten Rejang Lebong, salah satu siswa yang mendaftar SBMPTN di Bank Mandiri kemarin menuturkan, ia mendaftar demi mengejar mimpinya kuliah di Jurusan Akutansi Universitas Bengkulu (Unib).
“Saya dari SMAN 1 Lebong, Muara Aman. Rencananya mau ikut SBMPTN, mengambil Akutansi Unib sama PGSD. Ini baru mulai mendaftar, tadi datang setelah Salat Jumat,” ujar Fitri kepada BE kemarin.
Fitri bersama siswa dari sekolah lainnya mengantri menjalani proses pendaftaran di Bank Mandiri, Jalan S Parman Nomor 61 Padang Jati, Bengkulu. Dalam hal ini, Bank Mandiri juga menyediakan tempat khusus bagi para siswa yang mendaftar, untuk mempermudah proses pendaftaran.
Disinggung mengenai proses pendaftaran yang dilakukan secara online, perempuan kelahiran 26 Oktober 1995 ini mengaku tidak begitu kesulitan. Hanya saja dia menyayangkan, proses mendapatkan PIN (Personal Identified Number) untuk mendaftar ke SBMPTN itu cukup lama. Sedikit menghambat proses pendaftaran yang dia lakukan, setelah pembayaran melalui bank.

Pendaftar Tembus 1.704 Orang
Tinggal menyisakan sepekan lagi, sebelum Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ditutup pada 7 Juni mendatang. Total pendaftar sudah menembus angka 1.704 orang. Jumlah pendaftar tersebut dipastikan terus bertambah, hingga pendaftaran berakhir.
“Hingga saat ini, jumlah pendaftar SBMPTN sudah ada 1.704 orang. Jumlah ini pasti akan bertambah terus, sampai pendaftaran nanti berakhir,” ujar Kepala Humas Unib Suharyanto SPt MSi pada BE kemarin.
Padahal, Universitas Bengkulu hanya menyediakan kuota 1.004 orang pada tahun ajaran 2013-2014.  Jumlah tersebut akan ditambah dengan 1.583 orang yang lolos SNMPTN dan 569 dari SPMU nanti, untuk memenuhi 3.156 kuota tempat duduk yang tersedia. Dalam sepekan terakhir terjadi pelonjakan pendaftar SBMPTN. Dia memperkirakan, jumlah pendaftar itu masih bakal bertambah. Karena masih banyak siswa yang membayar uang pendaftaran, tetapi belum melakukan pendaftaran secara online.
Para peserta SBMPTN tersebut akan menjalani seleksi ketat berdasarkan passing grade dari program studi yang dipilih. Jika banyak yang tidak memenuhi kriteria kata dia, jumlah kuota yang tersisa dimasukkan dalam kuota untuk SPMU, yang pendaftarannya dibuka pada 3 sampai 9 Juli nanti.
“Supaya kuota total tetap terpenuhi, sisa dari SBMPTN bisa dialokasikan ke SPMU. Pokoknya jangan sampai menurunkan peluang orang untuk masuk perguruan tinggi. Itu berlaku tidak hanya disini, tetapi juga di tempat lain,” tandasnya. (cw6)