1.630 Warga Kaur Ikut Ujian Paket

UJIAN: Para peserta ujian Paket saat mengikuti ujian secara online di PKBM Tunas Karya Kecamatan Maje, Rabu (7/4).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Sebanyak 1.630 warga Kaur mulai Senin (5/4) kemarin mengikuti ujian paket yang diselenggarakan oleh 9 Pusat Kegiatan belajar Mengajar (PKBM) yang ada di Kabupaten Kaur dari 20 PKBM yang ada. Mereka terdiri dari paket A, B dan C. Ujian sendiri diselenggarakan secara online melalui jaringan yang disediakan oleh Kemendikbud sendiri. Hingga hari terakhir kemarin tak ada kendala dalam pelaksanaan ujian paket sendiri semuanya berjalan dengan lancar.

“Semuanya berjalan lancar, kami menggunakan beberapa buah handpone yang terkoneksi kejaringan internet, ada juga yang menggunakan laptop,” kata Ketua PKBM Tunas Karya, Apen Sahyar ST Rabu (7/4).

Dikatakannya, PKBM Tunas Karya yang terletak di Desa Bakal Makmur Kecamatan Maje ini menggunakan dua lokal bangunan PAUD desa setempat untuk dijadikan lokasi ujian. Ada tiga mata pelajaran yang diujikan dalam satu hari. Dengan total peserta yang ikut ujian paket di sekolah ini yakni 47 peserta paket C, 19 peserta paket B dan 4 peserta paket A.

Dimana PKBM yang dipimpimpinnya ini sejak berapa tahun terakhir cukup banyak peminat, mereka rata-rata pesertanya mulai dari berusia lanjut sampai dengan para remaja yang putus sekolah reguler. Tahun ini saja tercatat sebanyak 159 siswa yang sudah terdaftar mengikuti proses pembelajaran paket C. Nah dari jumlah itu 47 diantaranya mengikuti ujian paket C.

“Siswa kita berasal dari berbagai kecamatan jadi bukan hanya dari Kecamatan Maje saja namun juga dari luar maje banyak,” tutupnya.

Sementara itu, Kabid PAUD Dinas Pendidikan (Dispendik) Kaur, Marten Yusup M Si menyampaikan, tahun ini dari 20 PKBM yang ada yang menyelenggarakan ujian sebanyak 9 PKBM. Mereka mampu menyelenggarakan ujian sendiri dengan fasalitas mandiri baik jaringan internet maupun yang lain. Rincian peserta paket tahun ini yakni paket A sebanyak 78 peserta, paket B 413 peserta dan paket C sendiri 1.139 peserta.

“Tahun ini ujian paket tetap menggunakan sistem berbasis aplikasi setara daring dan terhubung online. Pelaksanaan ujian paket ini sama saja dengan ujian reguler,” tandasnya.(618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*