1.524 CJH Lunasi BPIH, 1 Meninggal

BENGKULU, BE –  Dua hari penutupan masa  pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Provinsi Bengkulu, tercatat sebanyak  1.524 jemaah yang telah melunasi. Rencananya tahun ini sebanyak 1.597 jemaah akan diberangkatkan

“Masih  ada sekitar 73 jemaah  belum melunasi. Jumlah itu diketahui satu jemaah asal Mukomuko dinyatakan meninggal dunia, sisanya belum diketahui alasannya,” kata Kakanwil Kementerian Agama Bengkulu, H Suardi Abbas, SH MH  melalui  Kabid Penyelenggaraan  Haji dan Umrah (PHU), Drs H Zahdi Taher MHi.
Pun begitu, masa pelunasan BPIH masih akan berlangsung selama dua hari  yang akan ditutup 12 Juni mendatang. Jika jemaah tersebut tidak melunasi   BPIH tepat pada jadwalnya maka otomatis akan gugur  dan masuk dalam daftar tunggu tahun berikutnya.”Kuota yang kosong akan dikembalikan ke  kuota nasional, karena tidak ada lagi  gelombang pelunasan tahap selanjutnya,” ujarnya.
Pelunasan BPIH untuk kuota lansia, terang Zahdi akan berlangsung pada 18-26 Juni. Pelunasan inipun belum bisa dipastikan, karena ada informasi secara lisan dari Kementerian Agama jika, kerajaan Arab Saudi  akan mengurangi  kuota jemaah yang akan diberangkatkan tahun ini. ” Kuota kosong rencanya akan dikembalikan ke pusat, dan  akan diisi oleh jemaah lansia. Namun berdasarkan informasi itu, dikabarkan jika  kuota haji reguler akan dikurangi. Kerajaan Arab Saudi  beralasan ada pembangunan, sehingga kunjungan jemaah ke tanah suci akan dikurangi, ” katanya. Namun putusan itu belum final. Jika  benar dikurangi maka bisa saja kuota kosong ini tidak akan digunakan, atau malah terjadi pengurangan  kuota pemberangkatan tahun ini. ” Kita sangat berharap info ini tidak terjadi. Karena kuota daftar tunggu haji kita cukup tinggi, sedangkan kuota pemberangkatanya  masih rendah, ” terangnya.

Tunggu SK
Sementara itu Surat keputusan embarkasi haji antara sampai saat ini belum keluar. Diprediksi SK itu akan turun serentak  dengan  SK  embarkasi  Palangkaraya, Kalimantan Tengah yang juga mengusulkan embarkasi antara.  SK sendiri  akan keluar selang sepuluh hari setelah masa verifikasi  tim Dirjen  PHU tiba di Bengkulu. Penilaian  Dirjen  PHU,  persiapan Bengkulu dinilai cukup dalam  menwujudkan Embarkasi Antara.
Jika SK itu sudah tiba dalam  satu pekan ke depan, maka seluruh  kegiatan persiapan haji sudah dilaksanakan di Bengkulu,  mulai pembagian  gelang haji, living cost  hingga pembagian paspor dan lain-lain.
Kemudian   dari kabupaten/kota menuju embarkasi haji antara,   biaya transportasi haji akan ditanggung masing-masing kabupaten/kota,   sedangkan dari embarkasi antara menuju Bandara Internasional Minangkabau  akan ditalangi oleh Pemerintah provinsi, baik berangkat maupun kepulanganya, tukasnya. (247)

hr