1.156 Pelajar SMA Ikuti USBN

IRUL/Bengkulu EkspressUJIAN: Para siswa MAN 1 Kaur saat melaksanakan ujian USBN menggunakan sistem komputer, Rabu (12/3).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 1.156 pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kaur mulai berjibaku menjalani Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Rabu kemarin (13/3). Pada hari pertama penyelenggaraan USBN dengan mata pelajaran yang diujikan adalah Pendidikan Agama dan Matematika berlangsung lancar dan sukses.

“USBN tingkat SMA ini sudah mulai hari ini (kemarin) sampai dengan tanggal 19 Maret 2019, dan untuk hari pertama ini Alhamdulillah siswa hadir semua dan tidak ada yang bolos,” kata Kepala Cabdin Dikbud Wilayah IX Bintuhan, Jayadi Ruslan MTPd, kemarin (13/3).

Dikatakan Jayadi, USBN sangat menentukan keberhasilan siswa untuk lulus pada SMA karena mata pelajarannya lebih banyak dan lengkap dibandingkan dengan UNBN. Dimana kini ada tiga kriteria yang menentukan kelulusan siswa, yakni lulus ujian sekolah (US) dan USBN, memperoleh nilai sikap atau minimal baik, dan telah menuntaskan seluruh program pembelajaran.



Terkait formulasi pembobotan skor US dan USBN diserahkan ke masing-masing sekolah. Selain itu sekolah juga dapat menambahkan kriteria kelulusan lainnya.

“Untuk soal USBN ini dari Kementerian Pendidikan pusat, tapi untuk menentukan lulus atau tidaknya siswa itu tetap dari hasil rapat dewan guru di masing-masing sekolah,” terangnya.

Ditambahkan Jayadi, jumlah siswa SMA/MA yang mengikuti USBN pada tahun 2019 ini ada 1.156 siswa yang terdiri dari 11 sekolah SMA dengan rincian jurusan IPA 577 siswa dan jurusan IPS 579 siswa.

Sedangkan untuk mata pelajaran yang diujikan dalam USBN ini pendidikan agama, matematika, ekonomi, fisika, bahasa inggris, bahasa inodesa dan lainnya. “Kita berharap selama USBN ini berjalan lancar dan tidak ada kendala, dan tentu harapan utama kita para siswa ini bisa mendapatkan nilai yang memuaskan,” harapnya.(618)