1.098 Personel Linmas Amankan TPS

IRUL/Bengkulu Ekspress SIMULASI: Para anggota Linmas Kaur saat mengikuti simulasi dan pelatihan oleh anggota Polri di lapangan depan Masjid Agung Al-Kahfi Bintuhan, Rabu (10/4).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 1.098 petugas perlindungan masyarakat (Linmas) Kabupaten Kaur, dikerahkan untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, pada 17 April 2019 ini. Sebagai bentuk persiapan itu, kemarin (10/4) ratusan anggota Linmas dibekali pelatihan peningkatan kemampuan TPS oleh anggota Polres Kaur.

“Pelatihan sekaligus simulasi para anggota Linmas ini kita melibatkan langsung anggota Polres Kaur, ini kita lakukan agar mereka dapat tepat guna dalam pelaksaan tugasnya nantinya,” kata Dinas Satpol PP dan Damkar Kaur Jon Harimol S Sos Msi, kemarin (10/4).



Dikatakannya, pelatihan ini dilakukan sebagai sikap siaga dan meningkatkan kualitas dalam menghadapai Pemilu 17 April 2019. Dimana para Linmas ini akan bertugas di 417 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 192 desa dan 3 kelurahan. Di dalam TPS dijaga oleh dua petugas keamanan, adapun di luar TPS ada satu sampai dua anggota Linmas. Selain itu, setiap desa ada lima anggota Linmas yang berpatroli.

“Peserta dilatih tentang beberapa hal oleh anggota TNI dan Polri, dan kita harap melalui pelatihan dan simulasi ini para anggota Linmas bisa menjalankan tugasnya dengan maskimal, sehingga terciptanya pemilu yang aman dan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Kaur IPTU Johny Silaen juga menyampaikan, tugas Linmas sebagai mitra kerja Polri dan petugas keamanan langsung di TPS. Dimana pelatihan diberikan meliputi PBB untuk melatih disiplin serta menyampaikan cara bertindak di lapangan atau di TPS saat pemilu. Juga Johny menginggatkan potensi dan ancaman yang dapat terjadi saat masa pemunggutan suara di TPS.

Karenanya, bilamana terjadi, segera laporkan agar dapat diambil langkah-langkah yang terbaik. “Linmas akan terlibat pengamanan dari sebelum pencoblosan, saat pencoblosan hingga selesai pencoblosan. Dari hasil simulasi kegiatan pemungutan suara yang dilaksanakan, dimungkinkan bisa selesai sampai dengan tengah malam. Jaga kesehatan, sehingga dapat bertugas dengan maksimal,” pesannya.(618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*