1.054 Anak Miliki KIA

Gunawan Suryadi s Sos MSi, Dukcapil
Gunawan Suryadi S Sos MAP

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Sejak dilaunching akhir Agustus 2018 lalu, saat ini sudah ribuan anak-anak di Bengkulu Selatan (BS) sejak lahir hingga usia sebelum 17 tahun wajib memiliki kartu identitas anak (KIA).

“ Sampai saat ini sudah 1.054 anak miliki KIA,” kata kepala Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil Bengkulu Slatan, Gunawan Suryadi S Sos MAP.

Gunawan mengatakan, sebelumnya Bengkulu Selatan mendapat bantuan blanko KIA dari pemerintah pusat sebanyak 7 ribu lembar. Dengan baru seribu saja yang terpakai. Sehingga saat ini masih hampir 6 ribu lembar lagi blanko tersedia. Ditambah lagi pada APBDP 2018, Bengkulu Selatan menyiapkan 12 ribu blanko KIA. Dengan begitu tahun ini ada 19 ribu blanko KIA.

“ Blanko KIA masih banyak, sehingga setiap anak yang mendaftar langsung diberikan KIA,” ujarnya.



Gunawan menambahkan, untuk meningatkan minat anak-anak di Bengkulu Selatan agar memiliki KIA, pihaknya akan berupaya menggandeng pihak ke-3 seperti percetakan buku. Dengan kerja sama tersebut diharapkan anak-anak yang sudah memikiki KIA, mendapat diskon saat berbelanja di tempat tersebut. Tidak hanya itu, Gunawan mengaku akan menggandeng pengelola obyek wisata atau tempat bermain anak, agar pemegang KIA diberikan diskon.“ Kami akan upayakan secara maksimal, agar ke depan semua anak di Bengkulu Selatan bisa memiliki KIA,” demikian Gunawan. (369)