Ziarah, Pelajar Diajari Nilai Kepahlawanan

DWI/Bengkulu Ekspress ZIARAH WISATA : Dinas Sosial Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan ziarah wisata kepada para siswa SD dan SMP di Kota Bengkulu agar siswa/siswi mengerti akan arti perjuangan para pahlawan.
DWI/Bengkulu Ekspress ZIARAH WISATA : Dinas Sosial Provinsi Bengkulu menggelar kegiatan ziarah wisata kepada para siswa SD dan SMP di Kota Bengkulu agar siswa/siswi mengerti akan arti perjuangan para pahlawan.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Bertempat di Taman Makam Pahlawan Balai Buntar dilaksanakan kegiatan Ziarah Wisata dalam rangka pengenalan nilai kepahlawanan, keperintisan, kesetiakawanan, dan restorasi sosial. Kegiatan yang diikuti ratusan siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bengkulu tersebut diawali dengan upacara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah meninggal. Kegiatan ini juga sebagai upaya agar tersosialisasikannya nilai-nilai Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Sosial di kalangan pelajar SD dan SMP yang ada di Bengkulu.

Usai upacara, Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Bengkulu, H Amiruddin Syino SH MH menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya, sudah selayaknya menghormati dan menghargai para Pahlawan/ Pejuang yang telah mencurahkan segala perhatian, pengabdian dan pengorbanan jiwa, raga maupun harta, demi kemerdekaan dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sejarah mencatat bahwa untuk mendirikan NKRI, diperlukan proses perjuangan yang panjang dan amat berat oleh para Pahlawan/ Pejuang demi tercapainya kemerdekaan NKRI.

“Para pahlawan atau pejuang dalam merebut kemerdekaan tersebut telah mewariskan nilai-nilai luhur kepada kita semua. Dengan kegiatan ini kita harap dapat menumbuh kembangkan semangat siswa terhadap jasa para pahlawan mulai sedini mungkin. Karena bangsa yang besar merupakan bangsa yang menghargai jasa para pahlawan,” jelas Amiruddin.

Selain itu, lanjutnya, dengan mengenalkan tempat-tempat yang mempunyai nilai sejarah perjuangan tersebut, juga diharapkan akan tumbuh rasa penghormatan dan meneladani nilai-nilai yang diwariskan para pejuang bangsa, sehingga dapat mengimplementasikan nilai-nilai luhur yang diwariskan sesuai dengan peran dan tanggung jawabnya.

“Dengan mengimplementasikan atau mengamalkan nilai-nilai luhur yang diwariskan para Pahlawan, generasi muda hendaknya dapat menyikapi perkembangan yang terjadi, dan membuktikan dengan hal-hal yang positif dan nyata, sehingga kejadian-kejadian seperti pergaulan bebas, kejahatan, penyalahgunaan narkoba, tawuran antar pelajar, perkelahian yang cenderung mengkhawatirkan kelanjutan masa depan bangsa tidak akan terjadi,” harapnya.

Dalam rangka memenuhi harapan tersebut serta mengenalkan dan menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh para pahlawan kepada generasi muda, Dinas Sosial Provinsi Bengkulu menyelenggarakan beberapa kegiatan diantaranya upacara di makam pahlawan, tabur bunga, membersihkan makam pahlawan serta mendengarkan materi tentang arti kepahlawanan.

Andini (9) salah satu siswi SD di Kota Bengkulu mengatakan dirinya sagat senang mengikuti kegiatan ini, dimana dirinya bisa mengetahu para pahlawan di Bengkulu yang telah berjuang masa penjajahan dahulu. “Senang, semoga arwah para pahlawan kita berada di surga,” ucapnya sambil melakukan tabur bunga. (777/Yeti)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*