Yuk Cicipi, Roti Ubi Ungu dan Buah Naga di Mama Manis Bakery

Roti Ubi Ungu dan Buah NagaBengkulu, BENGKULU EKSPRESS – Mama Manis Bakery merupakan toko roti yang khusus menjual beberapa jenis roti berbahan dasar ubi ungu dan buah naga. Dalam satu hari, toko ini mampu memproduksi dan mengolah sekitar 20 Kg ubi ungu dan 5 Kg buah naga.

“Semua jenis roti yang ada disini terbuat dari ubi ungu dan buah naga,” ujar Rusdy selaku pemilik toko Mama Manis Bakery kepada BE, Rabu (7/2/18).

Jenis-jenis produk yang diolah dan dijual ditoko ini yaitu aneka macam roti, donat, cake, cream cheese, dan roti jawai yang berbahan dasar ubi ungu dan buah naga.

Proses pembuatan rotinya ubi ungu dan buah naga diolah menjadi tepung dan sebagian lagi di mixer hingga halus. Hasil olahan mixer kemudian dicampur dengan tepung dari ubi ungu maupun buah naga dan diolah dengan takaran yang pas menjadi adonan roti khas Mama Manis Bakery. Pria asli Bengkulu ini mengatakan, ia mencoba mengolah roti yang sehat, tanpa menggunakan tepung yang sering digunakan untuk membuat roti dan juga tanpa pewarna tambahan serta bahan pengawet. Meskipun tanpa pengawet, roti ini mampu bertahan maksimal hingga 3 hari.

“Kami mengolah ubi ungu dan buah naga ini tanpa menggunakan pengawet maupun pewarna tambahan, karena bahan-bahan alami tergolong lebih sehat dibandingkan bahan-bahan buatan pabrik,” ungkap Rusdy (38).

Roti yang ada di Toko Mama Manis Bakery ini merupakan hasil panggangan dan bukan digoreng. “Kami memilih untuk memanggang rotinya agar roti tersebut tidak mengandung banyak minyak. Misalnya saja donat, kalau digoreng kan jadi berminyak dan itu kurang baik untuk kesehatan,” sahut Rusdy, pria lulusan Akutansi Universitas Dehasen Bengkulu ini.

Tidak hanya bahan dasar nya saja yang unik, tetapi varian rasa untuk isi roti nya pun banyak. Varian rasanya terdiri dari chocomaltine, tiramisu, vanila, green tea, banana, taro, raspberry, orange, cream keju, srikaya, strawberry, blueberry, nanas, dan coklat. Dari sekian banyak varian rasa, ada beberapa varian yang paling banyak diminati konsumen yaitu chocomaltine, tiramisu, green tea, dan keju.

Harga roti di toko ini pun tergolong murah, mulai dari Rp 2.500 sampai dengan Rp 45 Ribu. “Untuk semua jenis donat dan roti-roti kecil ini, harganya hanya Rp 2.500. Sedangkan untuk harga yang mencapai Rp 45 Ribu itu biasanya cake yang berukuran besar,” ujar pria berkulit putih ini. Mama manis bakery yang sebelumnya merupakan usaha rumahan ini sudah dimulai sejak tahun 2015 ditempat tinggalnya yang lama yaitu Perumahan Citra Cempaka Permai, jalan Tri Brata gang Aren. Ia menjalankan usaha rumahan ini bersama istrinya selama 2 tahun, hingga akhirnya ia mulai membuka sebuah toko yang berlokasi di jalan Raflesia No 14 Nusa Indah, Bengkulu sejak 15 Januari 2018 lalu. Untuk saat ini, Mama Manis Bakery memiliki 3 orang karyawan yang bekerja di bagian backing. Toko ini dibuka setiap hari pada pukul 07.00 WIB sampai dengan 21.00 Wib. (Mg2)