Waspada Virus Jembrana Serang Hewan Qurban

Sapi/Ist Dok BE

BENGKULU, bengkuluekspress.com- Penyakit keringat darah atau virus keringat darah juga dikenal dengan virus Jembrana yang kerap menimpa hewan ternak jenis sapi dan kerbau terus menghantui para peternak yang ada di Kota Bengkulu. Berdasarkan catatan Dinas Pangan dan Pertanian, sudah ada sebagian hewan ternak milik warga yang tewas akibat virus jembrana tersebut.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Arif Gunadi mengatakan, pihaknya hingga kini terus melakukan vaksinasi keliling ke sejumlah peternakan, terkhusus di kawasan Bangkahan dan Padang Serai Kota Bengkulu dimana di daerah tersebut sudah terdapat kasus kematian pada hewan ternak. Kendati virus itu tak membahayakan manusia, Arif Gunadi mengatakan, pihaknya akan lebih fokus mengawasi penyebaran virus jembrana tersebut.

“Kita akan lebih fokus mengawasi penyebaran virus tersebut, terlebih lagi menjelang hari raya Idul Adha seperti saat ini. Dan terkhusus pihak masjid yang akan membeli hewan qurban ke peternak, kami menyarankan untuk memeriksakan terlebih dahulu hewan tersebut. Atau agar lebih aman bisa langsung menghubungi Dinas Pangan dan Pertanian agar dapat diberikan vaksin terlebih dahulu ke hewan qurbannya,” ujar Arif. (Ibe)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*