Waspada Sungai dan Pohon

air-small
Jefryy/Bengkulu Ekspress – Debit air bendungan Seluma ikut naik disebabkan curah hujan yang cukup tinggi.

TAIS, Bengkulu Ekspress – Curah hujan tinggi diikuti angin kencang yang terjadi beberapa hari ini menyebabkan bebereapa wilayah Seluma rawan mengalami banjir kembali dan menumbangkan pohon, seperti yang pernah terjadi sebelumnya. Karenanya Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma. BPBD meminta warga yang berada dititik rawan bencana banjir, sungai dan pepohonan meningkatkan kewaspadaannya.

“Warga yang tinggal di kawasan rawan banjir, longsor dan air bah kita minta waspada ,” kata Kepala BPBD Seluma Drs H Azwardi saat diwawancarai BE kemarin (20/11).

Banjir selain disebabkan curah hujan yang tinggi juga bisa disebabkan debit air sungai yang meningkat dan meluap. Di Seluma sendiri pemukiman warga banyak terdapat di sekitaran sungai.

Karenanya bila hujan turun warga diminta waspada terhadap curah hujan yang tinggi dan meluapnya air sungai.

“Disaat hujan sering turun seperti sekarang rawan terjadi banjir,” imbuhnya.

Selain mewaspadai banjir, Kepala BPBD juga mengingatkan warga yang memakai kendaraan waspada saat melewati jalan lintas. Mengingat di sepanjang jalan lintas Seluma- Manna banyak pepohonan cukup besar. Bila diterpa badai saat hujan pepohonan tersebut rawan roboh.

Mengantisipasi robihnya pepohonan itu, sejak sekarang BPBD mengingatkan setiap kecamatan menyiapkan mesin chain saw. Bila ada pohon tumbang mesin itu bisa digunakan untuk memotong dahan pohon sehingga jalan bisa bersih kembali.

“BPBD Seluma sudah memberikan mesin ke kecamatan untuk keperluan pembersihan jika memang terjadi pohon tumbang,” ujarnya. (333)