Waspada Penyakit Malaria

In Mukomuko Ekspress

DBDMUKOMUKO,BE – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Sabrin mengajak masyarakat Mukomuko mewaspadai penyakit malaria dan penyakit-penyakit lainnya. Pasalnya, cuaca ekstrim yang hingga saat ini terus berlangsung, masyarakat menjadi rentan terserang berbagai penyakit.

“Biasanya yang lebih banyak penyakit dicuaca ekstrem ini adalah malaria,”katanya. Untuk mengantisipasi berbagai penyakit itu, kata Sabrin, masyarakat harus proaktif membersihkan lingkungan. Seperti gotong-rotong, membersihkan selokan dan lainnya. Jika rumah dan lingkungan bersih, maka penyakit tidak dengan mudah menyerang.

“Penyakit malaria disebabkan oleh nyamuk yang bersarang di lokasi yang kumuh dan  tempat yang digenanggi air. Untuk itu, masyarakat harus membersihkan sampah dan menutup tempat yang digenanggi air dan lainnya,”sarannya.

Begitu pun dengan penyakit lainnya yang bisa timbul, lanjut Sabrin. Untuk mengatasinya, tidak hanya bisa diantisipasi oleh jajaran Dinkes semata. Melainkan, peran serta dari warga yang bersangkutan harus dilakukan. Jika lingkungan bersih, maka akan jauh dari berbagai penyakit, terutama penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

“Di tahun 2011 sebanyak 9.760 kasus penyakit yang disebabkan nyamuk. Dan di tahun 2012 berjumlah 5.011 kasus. Kendati adanya penurunan angka tersebut masih sangat tinggi. Karena itu, mari kita budayakan hidup bersih,” tutupnya. (900)

You may also read!

PKK Rejang Lebong Sambangi Warga Binaan Lapas Curup

CURUP, bengkuluekspress.com – Tim Penggerak (TP) PKK Rejang Lebong (RL), Jum’at (24/02/2017) mengunjungi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas

Read More...

Butuh Transfusi Darah, Jupe Minta Maaf

jpnn.com – Kondisi Julia Perez tampaknya sedang menurun. Pasalnya pelantun lagu Belah Duren ini membutuhkan donor darah A+. Hal

Read More...

Sedihnya..Cabai Impor Tiongkok Lebih Murah dan Laris

jpnn.com – Cabai kering impor, asal Tiongkok dan India, mulai beredar di Jawa Timur. Itu adalah temuan Disperindang Jatim,

Read More...

Mobile Sliding Menu