Waspada Hewan Pembawa Rabies

suntik_rabies-anjing
BUDI/Bengkulu Ekspress. Pemelihara hewan seperti anjing dan lainnya supaya rutin memberikan vaksin. Sehingga hewan itu tidak membahayakan manusia

KEPALA Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Jumadi mengingatkan, kepada masyarakat di daerah tersebut supaya mewaspadai terhadap hewan – hewan yang berpotensi menularkan penyakit rabies. Seperti, anjing , kera dan lainnya. Berdasarkan hasil survei jajarannya, kata Jumadi, Kabupaten Mukomuko ada sekitar 17 ribu hewan pembawa rabies (HPR) yang dapat mengancam manusia dari penyakit rabies.

“Hewan pembawa rabies itu tidak hanya yang liar, tetapi peliharaanpun juga dapat menular,” bebernya. Bagi masyarakat yang memelihara hewan agar tetap waspada dan berikan vaksin sesuai dengan dosis dan aturan yang tepat. Bagi warga yang digigit hewan penular rabies agar segera mendatangi tempat pelayanan setempat dan laporkan kejadian tersebut kepada jajarannya. Supaya dapat diambil langkah – langkah dan tindakan agar hewan penular rabies tersebut tidak mengigit serta menularkan kepada manusia lainnya.

“Khusus hewan liar tetap kita pantau dan jika sewaktu – waktu dibutuhkan, pihaknya siap turun ke lapangan. Meskipun pada beberapa waktu lalu pihaknya bersama tim hanya berhasil melakukan pemusnahan anjing liar pembawa rabies sebanyak 351 ekor,” ungkapnya. (900)