Waspada DBD dan Malaria

MUKOMUKO, BE – Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang tersebar di 15 kecamatan se-Kabupaten Mukomuko, untuk mewaspadai terserangnya DBD, Malaria dan berbagai penyakit lainnya. Pasalnya cuaca ekstrem sangat rentan terserang penyakit  ditambah lagi jika lingkungan kotor.
“Jaga kebersihan di dalam dan luar rumah dan lingkungan sekitar,” ingat Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten, Syafriadi SKM MKes ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress. Jikalau ada warga  yang terserang penyakit, sesegera mungkin datang ke tempat pelayanan kesehatan terdekat. Supaya dapat segera ditangani secara medis dan lokasi terjangkitnya penyakit itu akan segera mungkin dilakukan penindakan. Seperti dilakukan fogging. Walaupun fogging belum  efisien, paling tidak dapat membunuh nyamuk besar.
“Hidup bersih kunci hidup sehat. Lingkungan bersih, udara yang dihirup segar dan jauh dari berbagai penyakit,” imbaunya.
Tahun 2013 lalu sebanyak 21 kasus DBD. Tahun 2014 meningkat menjadi 38 kasus yang tersebar disejumlah kecamatan. Yakni, Kota Mukomuko, Lubuk Pinang, XIV Koto, Penarik, Air Dikit, Teramang Jaya, Pondok Suguh dan Sungai Rumbai. Puluhan kasus itu  didominasi umur dibawah 14 Tahun. Kasus penyakit malaria sejak Januari hingga pertengahan Desember Tahun 2014, berjumlah 637 kasus. Angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan Tahun 2013 lalu yang menembus angka 1.057 kasus.  Kasus itu tersebra diwilayah Bantal, Kecamatan Teramang Jaya, Ipuh, Air Rami, Lubuk Pinang, Kota, Lubuk Sanai, Lalang Luas, Air Dikit, Pondok Suguh, Penarik, Bukit Mulya , Retak Mudik, Selagan Raya  dan Air Majunto. (900)