Waspada Banjir Susulan

rio-banjir-rendam-perumahan-wonder-residence-betungan-1

AIR PERIUKAN, BE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Seluma mengingatkan masyarakat Seluma mewaspadai banjir susulan. Terutama masyarakat di dua kecamatan, yakni Sukaraja dan Air Periukan. Pasalnya, hingga sore kemarin curah hujan di wilayah Seluma masih tinggi. Itu artinya Sungai Sindur masih berpotensi meluap lagi.

“Curah hujan masih tinggi sehingga kita meminta warga waspada terutama pada malam hari,” tegas Kepala BPBD Seluma Drs H Azwardi siang kemarin (11/11).

BPBD Seluma juga memberikan peringatan waspada kepada camat, kepala desa di dua kecamatan yang kemarin terkena banjir tersebut untuk selalu waspada. Mengingat cuaca di Kabupaten Seluma. Bahkan sampai ke Kota Tais hingga siang kemarin masih hujan deras. BPBD meminta kepada masyarakat mengamankan barang-barang yang ada di rumah ke tempat yang lebih tinggi. Sehingga saat air banjir msuk ke rumah barang mereka tidak rusak.
BPBD Seluma sendiri, hingga kemarin masih bersiaga. Bahkan masih menempatkan peralatannya berupa dua unit perahu karet di dua kecamatan yang mengalami banjir . . Selain itu, Kepala BPBD Seluma meminta kepada tim reaksi cepat (TRC) untuk selalu memberikan laporan mengenai kondisi terakhir di wilayahnya. Termasuk kondisi di Kecamatan Sukaraja dan Air Periukan.

“TRC siaga di setiap desa. Mereka sudah telah terlatih bisa bertindak cepat bila bencana terjadi,” sampainya.

Untuk bantuan tanggap darurat, Kepala BPBD mengatakan, sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial lagi. Karena untuk bantuan tanggap darurat menjadi kewenangan Dinas Sosial. Sebelumnya bantuan tanggap darurat telah disalurkan pada korban banjir. Termasuk sarana air bersih maupun makanan siap saji.

“Makanan siap saji memang dibutuhkan, namunterbatas dan tidak bisa terus menerus di berikan kepada korban banjir. Sifatnya hanya darurat saja,” imbuhnya.(333)