Waspada…4 Kebiasaan ini Bisa Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

301254_ilustrasi-wanita_663_382SISTEM imun atau sistem kekebalan tubuh merupakan pertahanan alami manusia untuk melawan masuknya radikal bebas, bakteri, virus dan jamur pembawa penyakit.

Karena itu penting menjaga agar sistem kekebalan tubuh agar tetap prima.

Sayangnya ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak sistem imun, sehingga bisa menyebabkan seseorang mudah terserang penyakit.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa merusak sistem imun, seperti dilansir laman Care2, Selasa (8/11).

1. Merokok.

Paparan nikotin membuat sistem kekebalan tubuh Anda menurun tajam.

Nikotin meningkatkan kadar kortisol dan mengurangi pembentukan antibodi sel B dan respon sel T terhadap antigen.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam PLoS One Februari lalu juga menemukan bahwa uap dari e-cigarette bisa merusak paru-paru dan membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi.

2. Minum alkohol berlebihan.

Minum alkohol terlalu banyak juga akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Pertama, menghilangkan nutrisi tubuh yang seharusnya bisa meningkatkan imunitas tubuh yang berharga.

Kedua, alkohol, seperti gula, yang jika dikonsumsi berlebihan bisa mengurangi kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman.

Dosis tinggi alkohol menekan kemampuan sel darah putih.

3. Kurangnya tidur.

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan kurang tidur dengan perkembangan penyakit seperti obesitas, diabetes dan hipertensi.

Tidur membantu mempertahankan fungsi sistem kekebalan tubuh. Sementara kurang tidur kronis merupakan faktor risiko dari gangguan sistem kekebalan tubuh.

4. Stres.

Pada akhirnya, kurang tidur memicu respon yang sama seperti stres kronis.
Meski Anda tidak menyadarinya, tuntutan fisik dan emosional dari tanggung jawab sehari-hari memang bisa menguras kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan virus.(fny/jpnn/chi/jpnn)