Wartawan Diingatkan Jaga Independensi

Amris Tanjung
Amris Tanjung

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Menyambut tahun politik, seperti pemilihan legislatif (Pileg), Pilpres dan Pilkada, para wartawan diingatkan agar tetap menjaga independensinya.

“Wartawan harus tetap menjaga independensinya dan menjunjung tinggi moral dan etika profesi,” sampai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mukomuko, Amris Tanjung, kemarin (31/1). Ia menegaskan, jika ada pengurus organisasi wartawan ikut berkompetisi dalam Pemilu. Seperti dalam waktu dekat pemilihan legislatif (Pileg), maka pengurus yang bersangkutan harus mundur dari jabatannya.

“Termasuk pengurus dan wartawan juga diminta mundur jika terlibat dalam posisi sebagai tim sukses calon,”katanya. Amris mengaku, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan jikalau ada oknum pengurus PWI Kabupaten Mukomuko yang akan ikut berkompetisi pada Pileg 2019 mendatang.

Namun pihaknya baru mendapatkan informasi ada beberapa oknum pengurus di PWI Mukomuko akan ikut dan mendaftar sebagai Caleg. Terkait hal tersebut pihaknya akan melakukan penelusuran lebiha lanjut.

“Kita telusuri dulu, jika memang benar ada oknum pengurus PWI Mukomuko ikut dalam kompetisi Pileg dan masuk dalam pengurusan suatu parpol. Maka akan ditegur dan disarankan agar yang bersangkutan mundur dari jabatannya sebagai pengurus PWI Kabupaten Mukomuko,”lanjutnya. (900)