Wartawan Bengkulu Deklarasi “Tolak Amplop”

KPKBENGKULU, bengkuluekspress.com – Sebanyak 16 orang wartawan dari berbagai organisasai melakukan deklarasi Jurnalis melawan korupsi. Deklarasi dibacakan dihadapan Ketua Tim Koordinasi dan Supervisi KPK Adlinsyah Nasution dan Plt Gubernur Bengkulu dalam acara Seminar Media Anti Korupsi Hotel Santika Kota Bengkulu, Selasa (14/11/2017).

Pembacaan deklarasi dipimpin oleh Kepala Divisi Pendidikan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bengkulu, Cristhoper dan diikuti oleh 15 jurnalis lain yang berasal dari sejumlah media cetak, elektronik dan online.

Deklarasi ini sebagai bentuk dukungan jurnalis di Bengkulu terhadap KPK dalam melawan korupsi. Dalam salah satu poin menyebutkan segala bentuk pelemahan fungsi kontrol sosial pers berupa pemberian uang, materi dan/atau fasilitas merupakan perbuatan yang merendahkan derajat, harkat dan martabat pers. Dalam artian para jurnalis menolak segala bentuk pemberian uang dan barang yang dapat mempangaruhi independensi mereka.

“Pers sebagai fungsi kontrol jangan sampai mendukung perilaku koruptif,” terang Crishtopher yang juga sebagai redaktur Radar Bengkulu Independen.

Untuk itu, ia berharap semua individu pers dapat tetap menjaga independensi dalam menjalankan tugas jurnalistik.

“Harus dimulai dari individu pers itu sendiri supaya pers dan karya jurnalistik benar2 independen dan sesuai dengan fungsinya, edukatif, informatif dan kontrol sosial,” Katanya. (Dil)

Berikut isi pernyataan deklarasi jurnalis melawan korupsi.

1. Korupsi adalah kejahatan luar biasa yang berdimensi pelanggaran hak asasi manusia yang mengakibatkan ketimpangan sosia, krisis kepercayaan dan disintegrasi
2. Pers bentuk pelemahan fungsi kontrol sosial yang berperan penting dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi.
3. Segala bentuk pelemahan fungsi kontrol sosial pers berupa pemberian uang, materi dan/atau fasilitas adalah perbuatan yang merendahkan derajat, harkat dan martabat pers.
4. Personal dan/ atau lembaga yang melakukan perbuatan sebagaimana dinyatakan pada poin 3 adalah musuh jurnalis.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*