Warga Kota dan Pasar Manna Malas Bayar PBB

Alasannya, Bangunan Sama, NJOP Berbeda
KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Perolehan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di Kabupaten Bengkulu Selatan untuk tahun 2016 ini belum mencapai target. Capaiannya baru 75 persen.
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Bengkulu Selatan (BS), H  Darmin SE melalui Kabid Pendapatan Dra Musiana, menyampaikan, target PBB tahun 2016 mencapai Rp 932,7 juta. Namun, hingga saat ini baru tercapai Rp 700 juta atau masih kurang Rp 232,7 juta lagi.

Dijelaskannya, dari 11 kecamatan di BS, baru 5 kecamatan yang sudah 100 persen lunas, yakni Kecamatan Pino, Bunga Mas, Ulu Manna, Kedurang dan Air Nipis.  Kemudian 4 kecamatan lain sudah mencapai 85 persen yakni Manna, Bunga Mas, Kedurang Ilir dan Seginim. Sedangkan 3 kecamatan lain masih di bawah 85 persen yakni Kecamatan Kota Manna, dari target Rp 297 juta baru tercapai Rp 160,7 juta atau 53 persen dan Pasar Manna dari target Rp 161, 8 juta baru tercapai Rp 98 juta atau 61 persen.

“Untuk kecamatan lain capaiannya sudah bagus, namun kecamatan Kota  dan Pasar Manna masih rendah,” ujarnya.

Dijelaskan Musiana, rendahnya capaian PBB di dua kecamatan tersebut  masih banyak warga yang enggan menbayar pajak. Mereka beralasan PBB yang harus mereka bayar karena nilai jual obek pajak (NJOP) tidak sama besar, padahal bangunan sama.

Dengan banyaknya keberatan ini, Musiana menyarankan kepada warga menyampaikan keberatan ke DPPKAD BS, sehingga pihaknya bisa mendata kembali perbedaan NJOP  itu supaya sehingga ke depan tidak ada kesalahan lagi.

“Adanya keberatan, sampaikan pada kami agar menjadi bahan evaluasi bagi kami agar ke depan data lebih akurat dan warga semua dengan kesadarannya sendiri dapat melunasi PBB,” demikian Musiana.(369)