Walhi Ingin Cagub Paham Lingkungan

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Lembaga Wahana Lingkungan Indonesia (Walhi) Bengkulu akan melakukan kajian terhadap visi misi dari dua pasangan calo Gubernur Bengkulu dan Wakil Gubernur Bengkulu yang akan maju dalam pertarungan Pilkada Serantak tahun 2015 di Bengkulu.

“Dalam seminggu kedepan, kami akan melakukan riset membedah visi misi calon tersebut, apakah ada yang memprogramkan untuk pelestarian lingkungan dan konservasi lahan hutan yang ada di Bengkulu. Kalau kita lihat sekilas dari program kedua pasang calon saat ini, mereka lebih fokus dan konsentrasi pada pembangunan sarana serta prasarana infrastruktur dan pembangunan pabrik dan lain sebagainya, sementara untuk pelestarian lingkungan alamnya tidak terpikirkan,” terang Direktur Eksekutif Walhi Provinsi Bengkulu Beni Ardiansyah.

Lanjut Beni, perlunya pemimpin yang peduli lingkungan dilatarbelakangi dengan keprihatinannya terhadap bencana kabut asap yang saat ini melanda masyarakat Indonesia termasuk di Provinsi Bengkulu.

“Saat ini, dampak dari kabut asap mulai merambah masuk Provinsi Bengkulu, dan kita sangat mengkhawatirkan hal itu. Sebab itu, kami akan menolak calon yang tidak paham lingkungan,” ungkapnya.

Adapun dalam momen Pilkada saat ini, sambung Beni, mereka kedepannya sangat mengharapkan Provinsi Bengkulu dapat dipimpin oleh seorang pemimpin yang betul-betul paham lingkungan, sehingga dalam mengembangkan industri pabrik dan perkebunan tetap bisa memikirkan kelangsungan pelestarian alam, “Kita ingin kepala daerah itu, yang bisa melindungi lingkungan alam di Bengkulu. Kalau sekarang kita lihat di Bengkulu ini, belum ada payung hukum yang kuat untuk perlindungan lingkungan. Sebab itu, kedepan perlu dibuatkan peraturan daerah, agar dalam pelestarian lingkungan kita nanti ada perlindungan dari daerah,” tegasnya. (Dil)