Wagub: APBD 2017 Fokus Infrastruktur

Wagub Rohidin
BENGKULU, BE – Peningkatan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) 2017 menjadi Rp 3,1 akan difokuskan untuk pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan.

“Konsep KUA-PPAS APBD 2017, kita akan fokuskan pada pembanguan infrastruktur,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA kepada BE, kemarin.

Meski dalam KUA-PPAS pembangunan infrasruktur belum merata di beberapa kabupaten, Rohidin mengaku pembagian alokasi dana tersebut dipertimbangkan secara proporsional.

“Untuk alokasinya memang tidak bisa sama. Namun harus dilakukan secara proporsional dengan hitungan panjang jalan dan wilayah,” bebernya.

Tak hanya itu, alokasi anggaran yang diperkirakan mencapai Rp 20 hingga 30 miliar per kabupaten/kota ini juga diputuskan secara azas keadilan, kepatutan dan kewajaran. Sehingga tidak ada lagi kecemburuan sosial di daerah.

“Tiga indikator ini harus dilihat untuk menentukan pagu pengalokasian anggaran,” tambah Rohidin.

Rohidin menambahkan, wilayah kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu memang masih banyak tertinggal. Namun diantara desa tertinggal, masih ada desa lain yang lebih tertinggal.

“Ketertinggalan desa juga menjadi tolak ukur. Wilayah mana yang paling banyak tertinggal, itu yang akan didahulukan,” terangnya.

Seperti dikatahui, usulan APBD 2017 di Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Bengkulu mencapai Rp 800 miliar lebih. Usulan ini tertinggi daripada SKPD lain yang ada di Pemprov Bengkulu. Nantinya anggaran tersebut akan dialokasian untuk pembangunan infrastruktur dasar dan fasilatas umum lain di Provinsi Bengkulu. (151)