Wabup Pantau Kesiapan Puskesmas

ist-pengarahan-wabup-kepada-puskesmas-2
Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM saat memberikan arahan kepada pegawai Puskesmas Kampung Delima pada Senin (31/10) pagi. Arahan yang disampaikan Wubup terkait dengan penilaian akreditasi yang akan dilakukan Puskesmas Kampung Delima. (Foto IST/BE).

CURUP, BE – Menjelang dilaksanakannya kegiatan penilaian Akreditasi bagi sejumlah Puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, Wakil Bupati dan Sekda Kabupaten Rejang Lebong memantau langsung kesiapan yang dilakukan oleh masing-masing Puskesmas yang akan dinilai untuk mendapatkan akreditasi. Pantauan kesiapan yang dilakukan dua pejabat Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong tersebut dilakukan pada Senin (31/10) kemarin dengan memimpin apel pagi di Puskesmas yang berbeda. Untuk Wakil Bupati memimpin Apel di Puskesmas Kampung Delima Kecamatan Curup Timur.

Usai memimpin Apel dan memantau kesiapan Puskesmas Kampung Delima, Wabup juga memantau kesiapan Puskesmas Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang yang juga akan dinilai untuk mendapat akreditasi. Sedangkan Sekda memimpin Apel di Puskesmas Curup yang ada di Lapangan Setia Negara Curup.

Menurut Wabup, kegiatan sidang yang dilakukannya bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong H Asli Samin SKep MKes dan Kepala Bidang Pengendalian, Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL), Nunung Tri Mulyanti SKM MM merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong kepada Puskesmas yang akan dinilai untuk mendapatkan akreditasi.

“Selain untuk melihat kesiapan, kegiatan yang kita lakukan ini sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong kepada Puskesmas yang akan diakreditasi,” jelas Wabup.

Dalam kunjungannya tersebut, Wabup berpesan kepada seluruh pegawai Puskesmas untuk bisa bekersa secara tim. Karena menurut Wabup dalam kegiatan yang dilakukan bersama-sama yang terpenting adalah prosesnya bukan akhirnya. Karena menurut Wabup bila dalam melakukan suatu kegiatan yang terpenting adalah akhir bukan proses, maka saat apa yang dicapai tidak sesuai dengan harapan maka yang timbul adalah kekecewaan.

“Yang terpenting sekarang adalah prosesnya terlebih dahulu bukan hasil, karena bila kita hanya terpaku pada hasil, dan nanti hasilnya tidak sesuai dengan harapan maka kita akan kecewa,” pesan Wabup.

Untuk mendapatkan akreditasi tersebut, Wabup berharap Puskesmas harus mempersiapkan sebaik mungkin apa yang menjadi poin penilaian mulai dari kesiapan administrasi puskesmas yang bersangkutan, kemudian standar operasi prosedur yang diterapkan hingga kesiapan dari Puskesmas itu sendiri.

“Ayo kita sama-sama dukung dan sukseskan kegiatan ini, sehingga akreditasi yang kita harapkan bisa terwujud,” ajak Wabup.

Selain untuk meraih akreditasi, Wabup berharap seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong bisa terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut harus dilakukan karena sesuai dengan visi dan misi yang diusung Bupati Rejang Lebong yang akan menjadi masyarakat Rejang Lebong yang sehat, cerdas, taqwa dan sejahtera.(251)