Usut Kebakaran Kantor KPU Tim, Labfor Bawa 2 Kantong Kabel dan Arang

tim labfor palembang

KOTA MANNA, BE – Guna memastikan penyebab terbakarnya kantor Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bengkulu Selatan (BS) pada Selasa (6/10) malam lalu, kemarin (8/10) tiga orang anggota tim Laboratorium Forensik (Labfor) Palembang turun ke BS.

Mereka mulai bekerja sekitar pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB dengan cara mengacak-acak puing-puing bekas kebakaran kantor KPU BS tersebut.

Semua ruangan pun mereka masuki. Namun tim ini paling lama berada di ruang media centre KPU yang diduga sebagai sumber pertama api.

Dalam ruangan ini, tim labfor mengambil bekas kabel, abu, arang bekas kayu ataupun barang- barang yang terbakar dalam ruangan tersebut.

Ketua Tim Labfor Palembang, AKBP Fauzi didampingi anggotanya Kompol I Made Switra dan Ipda Nindia Putra usai mengecek semua ruangan di KPU BS kemarin (8/10), mengungkapkan, ada dua kantong barang bukti yang mereka ambil, yang terdiri satu kantong asoy hitam bekas kabel-kabel di ruangan media centre yang terbakar dan satu kantong asoi lagi abu arang bekas benda yang terbakar.

Kedua kantong barang bukti ini akan dibawa ke laboratorium Palembang untuk diuji oleh instrument khusus. Hasil pengujian itu akan disampaikan ke penyidik Polres BS.

“Kami akan usahakan secepatnya BB yang kami bawa ini untuk diuji, hasilnya nanti akan kami serahkan ke penyidik untuk ditindaklanjuti,” tutup Fauzi.

Sementara itu, Kapolres BS, AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SIK SH, mengatakan, dengan telah dicek oleh tim Labfor Palembang, pihaknya akan menunggu hasil uji labfor tersebut.
Setelah hasilnya turun, baru pihakna bertindak untuk memastikan penyebab kebakaran kantor KPU BS tersebut.

“Untuk selanjutnya, kami menunggu hasil uji labfor, setelah turun dan diketahui apa penyebab kantor KPU BS terbakar, baru kami menindaklanjutinya,” terang Kapolres yang juga memantau tim labfor bekerja kemarin.
Sekedar mengingatkan, Selasa (6/10) malam sekitar pukul 19.45 WIB kantor KPU BS terbakar. Dalam waktu singkat semua ruangan dan barang-barang yang ada dalam kantor KPU hangus terbakar. Adapun sumber api diduga pertama kali dari dalam ruangan media centre. Hanya saja karena dalam sekejap api cepat membesar, pihak pemadam kebakaran tidak mampu berbuat banyak.(369)