Usulkan IAIN jadi UIN Plt Gub Temui Menteri Agama

Ist/Bengkulu Ekspress TEMUAI: Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat mengadakan pertemuan langsung kepada Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin terkait usulan IAIN menjadi UIN.
Ist/Bengkulu Ekspress TEMUAI: Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat mengadakan pertemuan langsung kepada Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin terkait usulan IAIN menjadi UIN.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Setalah berubah dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu sejak 25 April 2012, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah MMA kembali mengusulkan perubahaan status IAIN menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Usulan itu disampaikan langsung kepada Menteri Agama (Menag) Drs H Lukman Hakim Saifuddin, pada kunjungannya di Kantor Kemeng RI kemarin (4/10).

Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan usulan itu dilakukan, lantaran IAIN memang sudah layak menjadi Universitas. Baik itu ditinjau dari fasilitas kampus, mahasiswanya maupun akademiknya.

“Usulan ini disambut positif dengan Menag dan segara Insyallah akan segera direalisasikan,” terang Rohidin saat dikonfirmasi BE, kemarin (4/10).

Dijelaskannya, Menag yang telah menyambut baik rencana perubahaan status kampus itu menginstruksikan kepada pihak IAIN Bengkulu untuk menyiapkan persyarat-persyaratnya. Baik itu bersyarat usulan dokumen kelayakaan, maupun syarat lain yang wajib disiapkan. Nantinya Tim Kemendagri akan menilai kelayaan tersebut “Dokumen usulan ini penting diberikan. Karena nanti Kemenag akan menilai kelayakaanya,” paparnya.

Setelah mengusulkan dokumen kelayaan itu, pihak IAIN nantinya juga diminta untuk memberi presentasi secara langsung ke Kemenagri. Untuk itu, Rohidin meminta pihak IAIN Bengkulu untuk mempersiapkan secara serius syarat yang telah diminta tersebut. “Kemenag juga akan menjadwalkan untuk presentasi kelayakaanya, didepan Dirjen Pertis,” tambah Rohidin.

Rohidin juga mengatakan, ketika selesai melakukan presentasi maka Tim dari Kemenag akan turun melakukan surve kelapangan untuk melihat kelayaknya. Namun demikian, Rohidin memastikan kondisi saat ini, kelayakaanya IAIN menjadi Unversitas sudah sangat layak. “Tim nanti akan turun, jadi kita minta dipersiapkan secara matang betul. Sehingga tidak ada lagi celah untuk tidak terealisasi,” tandasnya.

Dalam pertemuan bersama Menag, Plt Gubernur pun didampingi oleh Rektor IAIN Bengkulu Prof Dr H Sirajuddin M MAg MH, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Bengkulu Elfi Hamidi Marasudin, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Provinsi Ade Erlangga dan Kepala Penghubung Provinsi Bengkulu di Jakarta. (151)