Usulkan Bantuan Mesin Tempel

bantuan-mesin-temel-kabupaten-mukomuko
BUDI/Bengkulu Ekspress. USULKAN: Nelayan usulkan bantuan mesin tempel kapal untuk melaut. Ini dikarenakan mesin yang lama tak layak lagi digunakan

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Mesin tempel yang digunakan nelayan di wilayah Kabupaten Mukomuko mayoritas  sudah tidak layak lagi digunakan. Kondisi mesin tersebut sangat memberikan dampak   negatif bagi nelayan ketika tengah menjalankan aktivitasnya di laut.

“Ya, mayoritas mesin tempel yang digunakan tidak layak. Hingga saat ini (kemarin), sebanyak ratusan nelayan mengusulkan agar pemerintah memplotkan anggaran untuk bantuan mesin kapal berkapasitas 15 PK dan sebanyak belasan nelayan mengusulkan dengan kapasitas 40 PK,” aku Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Mukomuko, Toyeb melalui Kabid Perikanan Tangkap, Rahmad Hidayat.  Ratusan nelayan yang mengusulkan bantuan mesin kapal untuk tahun 2017 mendatang, kata Rahmad, dikarenakan kondisi mesin kapal yang  digunakan saat ini tidak layak pakai. Namun tetap dipaksakan  untuk beroperasi. “Mesin lama tetap digunakan meskipun dengan resiko cukup besar dan sering dilakukan perbaikan,” katanya.

Rata – rata nelayan yang mengusulkan mesin tersebut  yang selama ini belum menerima bantuan mesin tempel dari pemerintah. Usulan itu akan ditindaklanjuti. Baik itu ke Pemerintah Daerah, provinsi hingga  pusat.

“Kalau hanya mengandalkan anggaran APBD Kabupaten Mukomuko untuk mengakomodir seluruh usulan dari nelayan tidak cukup. Kita juga akan usulkan ke provinsi dan pusat. Proposalnya  tengah disiapkan  dan dalam waktu dekat disampaikan ke provinsi dan  pemerintah pusat dengan harapan dapat terealisasi,” ungkapnya. (900)