Upacara HUT TNI ke-70 Ditutup dengan Drama Perjuangan Jendral Soedirman

RIO-PEMENTASAN DRAMA PERJUANGAN JENDERAL SUDIRMAN-HUT TNI (1)
Drama Perjuangan Jendral Soedirman di Sport Center Kota Bengkulu – Rio Susanto

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Upacara Peringatan HUT TNI yang ke-70 di Provinsi Bengkulu dilaksanakan di lapangan Sport Center Kota Bengkulu, Senin (05/10/2015). Upacara dipimpin langsung oleh Komandan Korem (Danrem) 041/Gamas Kolonel inf Fajar Budiman.

Menariknya, usai menggelar upacara, para tamu undangan dan peserta upacara dihibur oleh aksi drama perjuangan Jendral Soedirman untuk kemerdekaan NKRI di Yogyakarta. Drama diperankan oleh sejumlah prajurit TNI dari Batalion Yonif 144 Jaya Yudha dan Siswa SMAN 1 Curup.

Dalam drama tersebut dikisahkan Jendral Soedirman menghadap Presiden RI Pertama Sukarno untuk berpamitan memimpin perang gerilya melawan kolonial Belanda. Selain berpamitan, Jenderal Soedirman juga menitipkan istri dan kedua anaknya kepada Raja Yogyakarta Sri Sultan Hamengkebowono IX, sebelum masuk ke hutan berperang bersama pasukannya.

Tema peringatan HUT Ke-70 TNI tahun ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Sesuai tema tersebut, Danrem Fajar Budiman meminta TNI untuk terus dekat dengan rakyat. Ia mengingatkan TNI untuk kembali pada jati dirinya sebagai tentara yang dekat dengan rakyat.

“TNI akan semakin kuat bila dekat dengan rakyat,” ujarnya.

HUT TNI yang ke 70 yang diperingati hari ini juga dihadiri oleh Gubernur Bengkulu, H Junaidi Hamsyah, Wakil Gubernur Bengkulu, Sultan B Najamuddin dan sejumlah kepala daerah se-Kabupaten dan Kota se-Provinsi Bengkulu. (Dil)