UNBK Hari Kedua, Internet Gangguan

UNBK
UNBK: Para siswa SMA 1 Kaur tampak serius saat melaksanakan UNBK, Selasa (11/4). (Foto IRUL/BE).

BINTUHAN,BE– Dihari kedua pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMA sederajat, Selasa (11/4), masih saja ditemukan permasalahan. Masalah tersebut diantaranya adalah kendala dari lambatnya jaringan internet. Akibatnya, ujian di hari kedua sempat molor satu jam.

“Kalau kemarin gangguan kita masalah listrik, tapi kalau hari kedua ini masalah jaringan, karena tadi (kemarin) sempat macet sekitar 1 jam pada gelombang pertama,” kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kaur, M. Jalil SPd Ing, kepada BE kemarin (11/4).

Dikatakan Jalil yang juga kepala SMA 1 Kaur ini mengaku, ganguan jaringan ini sempat membuat puluhan siswa SMA 1 Kaur harus menunggu hingga 1 jam untuk memulai proses UNBK karena sekolah harus menginstalasi ulang server jaringan komputer yang tiba-tiba mati. Saat itu 60 peserta UNBK yang terbagi dalam ruangan tidak bisa menyalakan komputer karena tidak tersambung dengan server penyedia soal-soal UNBK.

“Gangguan ini memang jaringan dari pusat itu macet, dan kita tidak bisa berbuat apa-apa, dan baru setelah satu jam menunggu siswa bisa mengerjakan UNBK lagi,” terangnya.

Dikatakan Jalil, selain jaringan, kendala lain yang mereka hadapi yaitu lampu yang sering padam dan kurannya fasilitas komputer sehingga sekolah harus meminjam laptop dari siswa. Namun Jalil berharap pada hari selanjutnya hingga hari terakhir pelaksanaan UNBK, kendala teknis tidak lagi terjadi lagi. “Kita berharap sampai selesai UNBK ini tidak ada kendala lagi, miskipun sempat jaringan macet tapi alhamdulillah UNBK hari pertama dan kedua ini lancar,” terangnya

Sementara itu, Kepala MAN 1 Kaur Widodo S Pd, juga mengungkapkan kendala yang dialami sekolahnya saat pelaksanaan simulasi UNBK adalah hanya gangguan jaringan dan listrik yang kerap kali mati dan menganggu pelaksanaan UNBK. “Kalau kemarin listrik, sekarang ini jaringan agak macet tapi tidak lama macetnya, dan sekarang sudah lancar lagi. Juga semuanya lancar,” terangnya.(618)