UNBK Gunakan Genset

Bengkulu tengah
Bakti/Bengkulu Ekspress UJIAN : Siswa SMAN 1 Kabupaten Benteng tetap fokus mengikuti UNBK, meskipun jaringan internet sempat terputus selama 10 menit, Selasa (11/4/2017).

Apr 12, 2017 @ 14:20

BENTENG, Bengkulu Ekspress  – Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berjalan kurang lancar karena padamnya arus listrik.
Bahkan, SMA Negeri 2 dan SMA N 3 Kabupaten Benteng terpaksa menggunakan mesin genset agar pelaksanaan UNBK tetap berjalan.

Kepala SMAN 2 Kabupaten Benteng, Bimasyanto MPd mengungkapkan, dihari kedua pelaksanaan UNBK ini, pihaknya memilih untuk menggunakan mesin genset.

“Pada hari ini saja (kemarin,red), pemadaman listrik terjadi sebanyak 2 kali. Yakni pada pukul 07.00 WIB dan pukul 10.00 WIB. Khawatir akan mengganggu pelaksanaan UNBK, kami memilih untuk menggunakan aliran listrik yang bersumber dari mesin genset. Selain itu, penggunaan mesin genset akan tetap kita lakukan pada hari ke-3 dan hari ke-4,” ungkap Bimasyanto.
Menurut Bimas, hal tersebut terpaksa dilakukan lantaran pihaknya tidak bisa memprediksi kapan aliran listrik akan tetap menyala.

“PLN sama sekali tidak pernah memberikan pemberitahuan. Dari pengalaman tahun 2016 lalu, pemadaman listrik oleh PLN akan membuat pihak sekolah menjadi repot. Selain itu, ini juga akan memunculkan beban psikologis bagi anak-anak yang sedang melaksanakan UNBK. Kami takut konsentrasi mereka akan hilang. Sebab itu, kami tidak yakin dengan PLN,” ungkap Bimasyanto.

Senada  juga disampaikan Kepala SMA N 3 Kabupaten Benteng, Manogu Sinabutar. Hanya saja, pelaksanaan UNBK di sekolahnya hanya terganggu kurang lebih selama 20 menit dan terpaksa menggunakan mesin genset.

Diungkapkan Manogu, aliran listrik dari PLN seketika terputus saat UNBK berlangsung, yakni sekitar 20 menit jelang berakhirnya sesi ke-2.

“Aliran listik sempat mati selama 20 menit jelang berakhirnya sesi kedua. Akibatnya, kami terpaksa menghidupkan mesin genset. Setelah listrik kembali hidup, kami kembali menggunakan aliran listrik dari PLN pada sesi terakhir (sesi ke-3). Kami harap, PLN tidak melakukan pemadaman listrik dalam  dua hari ke depan,” kata Manogu Sinabutar.

Berbeda dengan SMAN 2 dan SMAN 3, pemadaman listrik tidak terjadi di SMAN 1 Kabupaten Benteng yang berlokasi di Desa Kembang Seri, Kecamatan Talang Empat. Hanya saja, pelaksanaan UNBK juga sempat mengalami hambatan akibat gangguan jaringan internet dari Telkom.

“Alhamdulillah, aliran listrik tidak menjadi kendala. Hanya saja jaringan internet sempat terputus selama 15 menit saat istirahat usai sesi pertama dan kembali terhubung saat sesi kedua dimulai. Akan tetapi, selama 10 menit dimulainya sesi kedua, jaringan memang sempat macet (lelet) sebelum akhirnya kembali normal dan UNBK berlangsung lancar,” papar Kepala SMAN 1 Benteng, Naspin MPd.

Dari hasil koordinasi bersama PT Telkom, ungkap Naspin, gangguan hanya terjadi pada pelanggan yang menggunakan jaringan ultimate.

“Bagi pelanggan yang menggunakan In The Home, koneksi internet tak mengalami gangguan. Kami harap, PT Telkom bisa menjaga koneksi internet tetap lancar hingga UNBK tuntas,” pinta Naspin.(135)