UMB Kerjasama dengan Universitas di Australia

Rektor UMB Berfoto Bersama Perwakilan Pemerintah Victoria
Rektor UMB Berfoto Bersama Perwakilan Pemerintah Victoria

Pemberian Beasiswa Program Student
Skills Intenship serta Program Mentor

Rombongan Pimpinan Universitas Muhammadiyah se-Indonesia yang berjumlah 30 orang melakukan kunjungan ke Australia. Kunjungan ini dalam rangka menjalin kerjasama atau MoU ke beberapa Perguruan Tinggi terkenal di Australia guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, termasuk Bengkulu.

===
Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Dr H Ahmad Dasan SH MA mengungkapkan, rombongan tiba di Bandara Melbourne pada Senin pagi (12/2) pukul 07.35 waktu setempat atau pukul 03.35 WIB dengan selamat dan segera mengunjungi empat universitas di Australia.

“Pada hari pertama setelah tiba di Melbourne kami langsung menuju ke Holmesglen University yang merupakan salah satu universitas terbaik di Australia,” ujar Ahmad, kemarin (13/2).

Holmesglen University ini merupakan universitas internasional terbaik yang di miliki Melbourne dan telah banyak mengembangkan program vokasi dan menghasilkan para tekhnisi vokasi bersertifikasi internasional. “Kami menjalin kerjasama dengan Holmesglen University karena sudah terbukti banyak menghasilkan tekhnisi vokasi bersertifikasi yang diakui internasional,” sambung Ahmad.

Berbagai tawaran kerjasama telah di sepakati diantaranya terkait training bahasa Inggris dan magang vokasi untuk mahasiswa S1 dan adanya kesepakatan pemberian beasiswa International student schoolarship. “Kami sudah menyepakati kerjasama terkait training dan pemberian beasiswa untuk mahasiswa dari Indonesia termasuk Bengkulu,” lanjut Ahmad.

Tak hanya itu, kesepakatan kerjasama lainnya juga dilakukan seperti program Student Skills Intenship serta program Mentor, Teach and Guide dan Colaboration Reseach and Jurnal International. Kesepakatan ini nantinya memungkin diadakannya kerjasama dalam pembinaan mahasiswa termasuk melakukan kolaborasi penelitian dan jurnal mahasiswa dari kedua universitas.

“Setelah adanya MoU ini maka kita bisa berkolaborsi termasuk dalam belajar dan melakukan research atau penelitian,” jelas Ahmad.

Kemudian pada hari kedua atau tepatnya Selasa (13/2), rombongan Rektor UMB, Ketua BPH UMB dan Ketua PWM beserta Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia juga turut memperkenalkan shall batik besurek serta Coffee Bengkulen ke Australia.

Bahkan rombongan Rektor UMB juga memperkenalkan bunga Raffesia Arnoldi kepada Pemerintah Victoria di Australia. “Kami ke Victoria Australia juga turut mempromosikan kearifan lokal Bengkulu agar lebih dikenal dunia,” sambung Ahmad.

Selain itu, Rombongan Pimpinan Universitas Muhammadiyah se-Indonesia juga mengunjungi Universitas International Victoria di Australia. Kedatangan rombongan Pimpinan Universitas Muhammadiyah ke universitas terkenal ini yaitu memenuhi undangan presentasi bersama Pemerintah Victoria di lantai 46 Building International Education dalam hal ini diwakilkan oleh Manager Strategi and Policy, Georgina McCann. Dalam presentasinya, Pemerintahan Victoria sangat perhatian dengan dunia pendidikan termasuk International Education dan ikut andil memperhatikan tenaga ahli bersertifikasi standart international.

“Bahkan dalam presentasinya Pemerintah Victoria telah menyiapkan anggaran besar untuk Beasiswa Studi lanjut (Scholarship Victoria) bagi pelajar dari Indonesia baik dari mahasiswa maupun dosen,” jelas Ahmad.

Selain menghadari presentasi, rombongan Pimpinan Universitas Muhammadiyah juga menjalin kerjasama atau MoU dengan Universitas International Victoria diantaranya kerjasama dalam hal penelitian berbasis Genetika dari kesuksesan individu di berbagai bidang keahlian menjadi center dunia bagi dosen ataupun mahasiswa Universitas Muhammadiyah se-Indonesia.

“Universitas Victoria adalah Perguruan tinggi dengan rangking atas di bidang studi Tehnologi yang telah melahirkan Peneliti kelas dunia dan berpublikasi sehingga MoU disepakati untuk kerjasama di bidang penelitian tersebut,” imbuh Ahmad.

Selain melakukan penandatanganan MoU dengan Holmesglen University dan Victoria University, Universitas Muhammdiyah se-Indonesia juga rencananya akan melakukan MoU dengan beberapa universitas terkenal lainnya mulai dari Monash University dan Canberra University yang ada di Australia yang diharapkan dapat memajukan kualitas pendidikan mahasiswa di Indonesia termasuk Bengkulu.

“Adanya kerjasama ini diharapkan mutu pendidikan kita semakin membaik dan maju serta mampu bermanfaat bagi banyak orang,” tukas Ahmad.(999)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*