Turang Lalang-Embong Uram Dibangun

turang_lalangTUBEI,BE – Ditahun 2016 ini, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lebong melaksanakan pengerasan jalan Turang Lalang Kecamatan Lebong Selatan – Desa Embong Uram Kecamatan Uram Jaya. Jalan ini yang sebelumnya sudah dibuka dan dibangun melalui program TMMD 2008 lalu. Hanya saja dari total 16 KM jalan tersebut, ditahun ini baru dikeraskan jalan sepanjang 8 KM.

Dijelaskan Kepala Dinas PU Kabupaten Lebong Ir Eddy Ramlan MT melalui Kabid Bina Marga Doni Swabuana ST, pembangunan jalan dengan melakukan pengerasan jalan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) IPD tahun anggaran 2016. Totalnya mencapai Rp 7,5 miliar.

“Kita bersama dengan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat, red) sudah turun ke lapangan untuk memastikan jika lokasi yang akan dilakukan pengerasan tidak masuk dalam wilayah TNKS atau hutan lindung,” jelas Doni.

Selain itu dari hasil pengecekan atau survey juga diketahui jika kondisi ruas jalan sudah banyak yang ditumbuhi oleh semak belukar. Bahkan terdapat ruas jalan yang sudah dijadikan sawah dan kebun oleh masyarakat sekitar. Ditambahkan Doni, dibeberapa lokasi titik jalan tersebut juga diperkirakan masih terdapat beberapa tanjakan yang dinilai belum layak dari sisi keamanan dan perlu dilakukan pemotongan.

“Saat ini proses pembangunan jalan tersebut masih dalam proses lelang oleh ULP dan mudah-mudahan mulai bulan depan pembangunan secara fisik sudah dapat dilaksanakan,” pungkas Doni.(777)