Rabu, 12/12/2012 - 11:49 WIB
Bengkulu Utara | beonline - Bengkulu Ekspress

Tunjangan Sertifikasi Guru Cair

ARGA MAKMUR, BE – Kabar gembira bagi 1.322 guru di kabuopaten Bengkulu Utara yang sudah sertifikasi.Pasalnya hari ini pencairan dana sertifikasi akan langsung ditransfer melalui rekening guru yang bersangkutan.

Kadispendik Bengkulu Utara Haryadi, SPD MM melalui kasubag keuangan, Kamedan Rio menjelaskan dasar pembayaran tersebut sesuai peraturan menteri no 34, dan nomor 35 tentang pedoman umum dan alokasi tunjangan  profesi guru pegawai negeri tahun 2012 dimana untuk pencairan dana tersebut sesuai dengan dana pusat senilai Rp 44,47 miliar yang sistem pencairannya secara berkala sesuai dengan tri wulan satu dibayarkan dua bulan, tri wulan dua dibayar tiga bulan.

Triwulan tiga dibayar dua bulan dan tri wulan empat dibayar tiga bulan, sehingga untuk tahun 2012 ini pembayaran dilakukan 10 bulan sedangkan dua bulannya lagi dana tersebut tidak mencukupi sehingga akan dibayarkan tahun depan dibulan Agustus medatang. “Kekurangan dana tersebut akan dibayarkan secara berkala, karena dana yang diperlukan Rp 51,128 miliar sehingga defisit sementara mencapai Rp 6,557 miliar dan dua bulan tersebut sudah di kros cek untuk Agustus mendatang,” jelas Kamedan.

Dikatakannya untuk pencairan ke-empat tahun ini dana tersebut dikenakan pajak 5% untuk golongan tiga, dan 15% untuk pajak golongan empat. Tidak hanya tunjangan guru sertifikasi saja, kabar tersebut juga diperuntukkan untuk guru tambahan atau non sertifikasi sebesar Rp 4,7 juta sebanyak 1.500 guru karena di Kabupaten BU masih ada guru yang belum mengikuti sertifikasi, yang jumlah dana tersebut ditetapkan dari peraturan kementrian dengan jumlah yang tidak sama kecuali untuk guru tambahan bersifat stabil.

“Pencarian dana yang menjadi hak guru tidak akan ditahan ataupun dihambat oleh pemerintah daerah selama prosesnya berjalan sesuai aturan, ” tukasnya. (117)

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved