Tujuh SKPD Nilai Merah

TUBEI,BE – Berdasarkan hasil rapat pimpinan (rapim) Tim Evaluasi dan Pengasawan Penyerapan Anggaran (TEPPA) Kabupaten Lebong bulan Desember 2014, terungkap masih terdapat 7 SKPD yang mendapatkan raport atau nilai merah alias serapan anggaran masih dibawah 82,66 persen per 19 Desember 2014. Menariknya, dalam Rapim TEPPA terakhir ditahun 2014 yang dilaksanakan kemarin juga dilakukan pembagian reward terhadap SKPD terbaik dalam penyerapan anggaran.
Koordinator Tim Teknis TEPPA Lebong Wuwun Mirza SE MT, yang juga Kabag Pembangunan dan Pengendalian Program Setdakab Lebong ini kemarin mengungkapkan, 7 SKPD yang masih mendapatkan raport merah itu diantaranya Bagian Pemerintahan dengan realisasi serapan anggaran baru 22,72 persen, Dinas Pekerjaan Umum dengan realisasi serapan anggaran baru 68,39 persen, RSUD dengan realisasi serapan anggaran baru 74,02 persen, Dinas Pertambangan dan Energi dengan realisasi serapan anggaran baru 74,46 persen, Dinas Pendidikan Nasional, Pemuda dan Olahraga dengan realisasi serapan anggaran baru 77,80 persen, BPBD dengan realisasi serapan anggaran baru 78,60 persen, serta Dinas Kesehatan Lebong dengan realisasi serapan anggaran baru 80,61 persen.
“Untuk hasil Teppa terakhir ditahun 2014 ini masih ada 7 SKPD yang rapor merah, tapi semua SKP tersebut ada penjelasannya mengapa serapan dananya sangat rendah,” kata Wuwun.
Dinas PU, saat ini sudah mengajukan pencairan terhadap 40 paket kegiatan, kalau ini cair maka serapan anggaran mereka (PU, red) dapat mencapai 95 persen. begitu juga dengan beberapa SKPD lainnya hampir sama, apalagi tutup tahun anggaran 2014 sendiri masih menyisakan beberapa hari lagi artinya masih ada waktu untuk mencapai target tersebut.
Selain itu, Wuwun juga menjelaskan 21 SKPD yang mendapatkan raport biru atau serapan anggaran diatas 92,67 persen diantaranya, Bagian Ekonomi dengan, Bagian Hukum dengan, Kantor Penghubung, Bagian Kesra, BLHKP, Kesbangpol, Bagian Humas, Satpol PP, PBK, Disnakan, DPPKAD, Bagian Orsi, Disparbudhub, BKD, Inspektorat, Dukcapil, Kecamatan Lebong Atas, KPT, BP4K, Kecamatan Uram Jaya, Sekretariat DPRD, dan Perpustakaan Daerah. Berikutnya, 13 SKPD dengan raport hijau atau serapan anggaran 87,67 persen hingga 92,66 persen diantaranya adalah Bagian Pengendalian Program dan Pembangunan, Dispertan, BPBD, Kecamatan Rimbo Pengadang, Kecamatan Padang Bano, Kecamatan Lebong Tengah, Dinkop, UKM dan Perindag, Kecamatan Pelabai, Kecamatan Bingin Kuning, Kecamatan Lebong Utara, Kecamatan Amen, Kecamatan Lebong Sakti dan Kecamatan Pinang Belapis. Sedangkan 7 SKPD dengan serapan anggaran 82,67 persen hingga 87,66 persen atau raport kuning diantaranya, Kecamatan Topos, BPMPPKB, Bagian Umum, Kecamatan Lebong Selatan, Bagian Keuangan, Dishutbun, dan Dinsosnakertran. SKPD yang mendapatkan nilai biru tersebut mendapatkan reward atas prestasinya.
“Reward tadi langsung diberikan oleh Bupati Lebong, Bupati juga mengharapkan agar ditahun 2015 mendatang serapan anggaran di seluruh SKPD bisa mencapai target dan jangan ada lagi SKPD yang mendapatkan rapor merah,” ucap Wuwun.(777)