Trotoar Kota Dipercantik

BENGKULU, BE – Pelaksanatugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu, Ir Nuryansyah, mengutarakan, Pemerintah Kota telah siap untuk menggunakan anggaran sebesar Rp 8 miliar untuk merombak trotoar di sejumlah ruas jalan.
“Sudah diplot dalam APBD 2015 dan sudah siap untuk ditenderkan. Fokus kita yang akan dirombak adalah sisi lain dari Jalan Basuki Rahmat, Jalan S Parman dan Jalan Soeprapto. Kemudian yang baru di Padang Jati dan Bhayangkara,” kata Nuryansyah.
Ia menjelaskan, perombakan dan pembangunan trotoar ini sengaja dijalankan secara bertahap hingga seluruh jalan-jalan protokol memiliki trotoar yang representatif, nyaman untuk pejalan kaki, dan mampu menjadi tempat masyarakat berteduh.
“Awalnya memang dilokasi-lokasi yang strategis dulu. Tapi nanti bisa jadi seluruh trotoar di jalan-jalan protokol akan kita perbaiki. Kemungkinan dari bandara hingga ke Benteng Malborugh,” tukasnya.
Ia menambahkan, revitalisasi dan pembangunan trotoar ini telah dimulai sejak tahun 2014 silam.
“Dananya tidak berdiri sendiri. Dia masuk satu paket dengan pembangunan jalan yang bersumber dari DAU (Dana Alokasi Umum). Perbaikan ini salah satu bentuk komitmen walikota untuk mempercantik Kota Bengkulu,” paparnya.
Selain itu, sambung Nuryansyah, perombakan trotoar di Jalan Soeprapto merupakan prakondisi untuk merevitalisasi kawasan Soeprapto secara keseluruhan. Namun revitalisasi kawasan Soeprapto ini masih bisa dilaksanakan tahun ini karena masih terbentur dengan ketersediaan anggaran.
“Semuanya kan tergantung kondisi keuangan daerah. Keterbatasan anggaran membuat kita harus melakukan revitalisasi secara bertahap. Kalau keseluruhan revitalisasi akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 50 miliar. Usulan awal pun masih harus kita sosialisasikan ke masyarakat. Lagi pula pembahasan anggarannya nanti akan melewati kajian bersama dulu, berapa total yang benar-benar dibutuhkan nanti,” pungkasnya. (009/adv)