Traffic Light Akhirnya Diperbaiki

trafficlightr-4
Kepala Dishubkominfo Kota Bengkulu, Drs Bardin saat meninjau proses perbaikan traffic light di Simpang 4 Suka Merindu, kemarin (2/11). (Foto MEDI/BE).

 BENGKULU, BE – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Bengkulu mulai memperbaiki traffic light yang rusak. Salah satunya traffic light di Simpang 4 Suka Merindu, kemarin (2/11).

“Yang kita perbaiki baru satu, yakni di Simpang 4 Polda, dan sekarang kita memperbaiki di Simpang 4 Suka Merindu ini,” kata Kepala Dishubkominfo Kota, Drs Bardin saat meninjau perbaikan, kemarin.

Bardin mengaku pihaknya masih terkendala anggaran, sehingga upaya yang dilakukan hanya bersifat sementara guna mengantisipasi arus kendaraan yang melintas di persimpangan tersebut. Selain itu, dari 10 titik traffic light yang rusak, pihaknya baru bisa mengakomodir sekitar 3 titik, yakni Simpang 4 Polda, Simpang 4 Suka Merindu dan

Simpang 4 Masjid Jamik, karena harus disesuaikan dengan tingkat kerusakan dan kepadatan lalu lintasnya.
“Karena ini darurat, mungkin sekitar 6 bulan masih bisa tahan. Setidaknya kita tunggu sampai tahun anggaran baru 2017 untuk ditindaklanjuti kembali,” ungkapnya.

Dijelaskan Bardin, sistem perbaikan ini agar bisa menyala sehingga metode yang digunakan yakni kabel udara. Jika dilihat secara standar operasionalnya, kabel traffic light ini harus berada di bawah tanah, sementara pihaknya terpaksa menyambungkan kabel dari atas secara paralel di empat sudut.

Meskipun posisi kabel tersebut melintang di tengah jalan, namun dirinya memastikan bahwa kabel tersebut tidak akan membahayakan para pengendara karena ketinggiannya mencapai 5 meter dari permukaan jalan.

” Karena ini emergency maka kita hidupkan lewat kabel atas, jadi tidak membahayakan karena sudah kita perhitungkan penempatanya,” jelas Bardin.

Dishub menargetkan perbaikan tersebut selesai hingga akhir bulan November ini. Jika nantinya usulan anggarannya diakomodir dalam APBD 2017, maka pihaknya akan segera melakukan peremajaan terhadap tiang-tiang traffic light tersebut.

“Yang jelas sudah kita perbaiki mana yang paling vital, jadi kalau memang ada tuntutan, harap bersabar,” tutupnya. (805)