TPA Bernilai Miliaran Rupiah Mubazir

sampahMUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Masyarakat di wilayah Kelurahan Koto Jaya, tepatnya Rukun Tetangga (RT) 2 mendesak Dinas Lingkungan Hiudp segera memindahkan tumpukan sampah yang masih dibuang di pinggir jalan lintas barat (Jalinbar) di wilayah tersebut. Masyarakat terus menyampaikan keluhan terkait sampah tersebut. Selain tidak bagus di pandang, juga menimbulkan bau yang tidak sedap yang menyebar hingga ke pemukiman penduduk.

“Banyak masyarakat menyampaikan keluhan tersebut. Hari ini (kemarin), secara lisan telah saya laporkan ke DLH Kabupaten Mukomuko,” kata Ketua RT 02 Kelurahan Koto Jaya, Alfian Tanjung kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (28/8).

Dikatakannya, pemerintah telah membangun tempat pembuangan akhir (TPA) yang berlokasi di wilayah Desa Selagan Jaya (SP3) Kota Mukomuko yang telah menghabiskan anggaran mencapai Rp 6 miliar lebih. Namun bangunan tersebut terkesan terbengkalai. Karena sejak beberapa tahun lalu hingga hari ini (kemarin), belum di manfaatkan sebagaimana mestinya.

“Bangunannya sudah ada dan telah menghabiskan anggaran miliaran rupiah. Saat ini terkesan mubazir dan menghabiskan anggaran percuma. Yang jelas kami minta sampah tersebut segera di pindahkan,” pungkasnya. Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Robin Linton Simanjuntak di konfirmasi Bengkulu Ekspress, kemarin (28/8) pagi mengatakan, pihaknya belum dapat melakukan pemindahan sampah tersebut dalam waktu dekat ke TPA yang telah di bangun. Ini di karenakan menunggu pembangunan pendukung lainnya seperti jalan menuju TPA hingga anggaran operasional untuk pengoperasian.

“Untuk sementara belum dapat kita pindahkan, tetapi sampah – sampah itu kedepannya dipastikan dipindahkan ke TPA,” demikian Robin. (900)