TNI Temukan Ladang Ganja 3 Hektar, 2 Karung Ganja Kering dan 1 Botol Biji Kering

IMG_3706

BINDURIANG, BE – Anggota TNI Kodim 0409 Rejang Lebong kembali menemukan ladang ganja seluar 3 hektar lebih. Temuan ladang ganja terbesar dan terbanyak oleh pihak TNI dari Kodim 0409 RL itu berada di Dusun Baru Talang Genting Desa Kampung Jeruk Kecamatan Binduriang Kabupaten Rejang Lebong. Tanaman ganja tersebut ditemukan di kebun milik Fi warga Binduriang.
Temuan ladang ganja ini sebenarnya sudah 1 minggu lalu, yakni Kamis, 9 April 2015 lalu, sekitar pukul 04.00 WIB, oleh pihak Koramil 409 -03 /PUT beserta anggota dari Pos Koramil Binduriang. Namun ekspos oleh pihak TNI baru dilakukan kemarin.
Danramil 409 -03 /PUT, Kapten Inf Untung Pribadi mengatakan, pada saat dilakukan penggerebekan di pondok, si pemilik kebun sudah melarikan diri pada saat anggota datang. Untuk mengelabui petugas atau pihak berwajib, ladang ganja tersebut di tanam di areal perkebunan kopi stek dan ditanam di sela-sela batang kopi.
”Untuk mencapai lokasi temuan ganja, anggota TNI harus berjalan kaki sekitar 30 menit, melalui jalan setapak,” kata Danramil.
Ganja yang ditemukan kali ini cukup banyak, bahkan mencapai 5 ribu batang dengan tinggi sudah mencapai 2,5 meter. Tanaman ganja ini tampak sangat subur dikarenakan iklim serta tanahnya yang hitam serta gembur. Tanaman ganja tersebut sudah banyak yang berbuah serta berbunga.
Danramil mengatakan, temuan itu berkat informasi dari masyarakat yang melapor ke Babinsa. ”Setelah mendapatkan informasi adanya ladang ganja tersebut, saya langsung melaporkan ke pihak Kodim dan laporan tersebut diterima langsung oleh Dandim 0409 RL Letkol Kav Sugi Mulyanto untuk ditindaklanjuti,” kata Danramil.
Dandim 0409 RL Letkol Kav Sugi Mulyanto melalui Pasi Intel Kapten Inf Botani Kenedi mengungkapkan, informasi dari masyarakat tersebut diterima pada Minggu (5/4) sekitar pukul 17 .00 WIB, oleh anggota Serma Aris Jaya. Kemudian Serma Aris Jaya melaporkan informasi adanya ladang ganja ke Danramil PUT Kapten Untung Pribadi. Setelah itu Danramil langsung melaporkan hal tersebut ke Dandim RL.
Dan Senin (6/4), Dandim 0409 RL Letkol Kav Sugi Mulyanto memerintahkan Danramil PUT untuk menindaklanjuti laporan tersebut untuk melakukan patroli penyisiran di kebun kopi.
Penelusuran itu berlanjut hingga Selasa, Rabu dan Kamis 7-9 April, yang melibatkan Danramil PUT beserta anggota Koramil baik dari Koramil PUT maupun dari Pos Koramil Binduriang, Pasi Intel Kapten Inf Botani Kenedi beserta anggota Unit Inteldim, Provos dan 6 orang anggota BNN Provinsi Bengkulu.
Barulah pada hari Kamis (9/4) anggota yang kembali melakukan penyisiran, menemukan ladang ganja seluas lebih dari 3 hektar atau sebanyak 5 ribu batang, dengan ketinggian mencapai 2 ,5 meter lebih, di Dusun Baru Talang Genting diseberang Suban Desa Kampung Jeruk Binduriang.
Penyergapan ladang ganja tersebut dipimpin langsung oleh Danramil Kapten Inf Untung Pribadi beserta 6 anggota, diantaranya Serma Aris Jaya, Sertu Arif Sumantri, Serda Neksen, Serda Bagio, Serda Erfendi dan Praka Ansari, yang meluncur ke lokasi ganja pada Kamis tengah malam sekitar pukul 01.00 WIB.
Sementara barang bukti, kata Pasi Intel Kapten Inf Botani Kenedi, sudah diamankan di Kodim 0409 RL dan sebagian di tinggal di TKP. Sebelum dimusnakan, dijaga ketat oleh anggota Kodim.

Biji Ganja dan Ganja Kering
IMG-20150415-00987Tak hanya itu, pada hari Jumat (10/4), anggota dari Kodim kembali melakukan pengembangan dan penyisiran. Dan petugas kembali menemukan bibit ganja yang siap tanam. Selain itu, anggota juga menemukan 2 petak penyemaian tanaman ganja siap tanam dengan ketinggian satu jengkal dari tanah serta pihaknya juga menemukan 1 botol ukuran 1 liter biji kering ganja dan 2 karung ganja kering siap edar.

Dimusnahkan
Sementara itu Sabtu (11/4), pihak dari Kodim 0409 RL yakni 2 orang dari Unit Inteldim, 2 Provost, 3 anggota dari Pos Koramil Binduriang, bersama 2 orang dari BNN Provinsi Bengkulu, melaksanakan pengamanan lahan ladang ganja tersebut hingga Rabu (15/4) kemarin untuk dilaksanakannya pemusnahan. Pemusnahan tanaman ganja ini disaksikan tim gabungan, yang terdiri dari Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Fajar Budiman beserta staf, Kepala BNN Provinsi, Kombes Pol Joko, BNN – RI Irjen Pol Drs Dedi Fauzi, Deputi Pemberantasan Narkoba, Hakim MSi, Dir Narkoba Kombes Sugio, Kasubit Narkotika Kombes Pol Susanto, Kabag Humas BNN Kombes Pol Slamet Pribadi, Dandim 0409 RL Letkol Kav Sugi Mulyanto beserta staf dan anggota, perwakilan Bupati RL, Kapolres RL AKBP Dirmanto SH Sik beserta anggotanya, Kapolsek PUT Iptu Eka Candra SH, Camat Binduriang Furkan dan Kepala Desa Kampung Jeruk, Zainal beserta perangkat desa.
Kepala BNN Provinsi Bengkulu Kombes Pol Joko ditemui awak media di TKP sebelum acara pemusnahan batang ganja mengatakan, cukup bangga dengan pihak TNI dan Polri yang telah ikut andil dalam pengungkapan ladang ganja di Binduriang ini. ”Kami mengucapkan terima kasih kepada warga yang sudah menyampaikan info kepada pihak TNI melalui Babinsa desa. ”Dan diharapkan kepada pemerintah kecamatan bersama pemerintah desa, bersama pihak keamanan untuk meminimalisir tanaman ganja tersebut,” kata Joko.
Danrem 041/Gamas Kolonel Inf Fajar Budiman juga mengucapkan terima kasih pada masyarakat yang telah menyampaikan informasi ke pihak TNI, khusunya anggota Babinsa desa.
”Selain itu, saya sangat bangga dengan anggota Babinsa yang telah mengungkap ladang ganja 3 hektar lebih. Penemuan ini terbesar dan terbanyak,” pungkasnya. (222)