TNI Buat Jalan Karang Indah

anggota TNI Kodim 041Bengkulu bersama masyarakat membuat jalan baru (6)

BENGKULU, BE – Dalam Rangka kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-95, Kodim 0407/Bengkulu melakukan pembuatan jalan sepanjang lebih kurang 700 meter di kawasan Karang Indah 1 dan 8 Kelurahan Karang Indah Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu.  Kegiatan ini sendiri ditargetkan selama 21 hari yaitu pada tanggal 8-28 Oktober 2015.
Menurut Dandim 0407/Bengkulu Letkol CZI M Said, juga sebagai Dansatgas TMMD reguler ke-95 tahun 2015 yang didampingi oleh Kapten Akhirudin, bahwa TMMD merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri, Kementerian, Pemerintah Daerah maupun masyarakat.  Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dapat membangun persatuan maupun kesatuan NKRI. Salah satu kegiatan TMMD yaitu membuat jalan baru bagi masyarakat. Dimana untuk kegiatannya dilakukan di kawasan Kelurahan Karang Indah, dimulai dari tanggal 8 Oktober kemarin.
“Untuk hari ini, kita bersama masyarakat setempat melaksanakan pembenahan jalan yang telah dibentuk/dibuat oleh alat berat, sehingga diharapkan setelah jalan ini selesai, ada rasa tanggung jawab masyarakat untuk menjaganya,” jelasnya.
Setelah melakukan pembenahan jalan, secepatnya akan dilaksanakan ke tahap berikutnya yaitu ketahapan pengerasan.  Dimana untuk kegiatan ini, masyarakat akan selalu diajak dalam keikut sertaannya. Walaupun masyarakat di kawaasan pembuatan jalan, hanya bisa membantu pada hari Sabtu dan Minggu saja, karena hari lainnya mereka bekerja.
“Karena masyarakat di sini kebanyakan bekerja sebagai buruh pabrik, petani, mereka bisa membantu kalo tidak Sabtu sore ya Minggu pagi,” jelas Dandim.
Pembuatan jalan sepanjang 700 meter ini sendiri, selain melaksanakan program TMMD, juga karena adanya permintaan masyarakat setempat. Mereka sanggup menghibahkan tanah perkebunannya, asalkan dijadikan jalan untuk kepentingan bersama. Karena akses jalan masyarakat setempat untuk menuju ketempat kerja masih jalan setapak. Membuat pengangkutan hasil pertanian masih terhambat. Selain itu juga dibuatnya jalan seperti di kawasan Karang Indah 8, membuat anak-anak warga setempat yang akan berangkat ke sekolah, tidak perlu memutar yang mampu ditempuh selama 15 menit lebih.
“Kemarin-kemarin jalan yang kita buat masih jalan setapak dan memiliki kondisi yang sangat buruk, dengan dibangunnya jalan ini membuat akses masyarakat menjadi mudah,” ungkapnya.
Salah seorang warga setempat, Pinta Tri Lestari, mengucapkan terima kasih atas bantuan dari para anggota TNI, telah membantu membangun akses jalan yang selama ini, diidamkan.  Sehingga membuat usaha menjadi lancar, apabila hujan tidak membuat perjalanan menjadi susah.  Pastinya sangat menguntungkan masyarakat setempat.
“Terimau kasih nian kami lah dibuatkah jalan, usaha kami pacak lancar, udim tu kalu ujan kami endik pacak naik jak kebun,” ungkap Pinta. (614)