TNI Bersihkan TMP dan Rumah Bung Karno

TNI jajaran Korem 041 Gamas Bengkulu saat memberikan halaman rumah tempat pengasingan Bung Karno (1) - Copy

BENGKULU, BE – Personel Korem 041 Garuda Emas (Gamas) Bengkulu beserta jajaran yang terdiri dari anggota Kodim 0407 Kota Bengkulu, Kompi B Yonif 144 Jaya Yudha dan Dinas Jawatan, kemarin (19/2) menggelar karya bhakti membersihkan Taman Makam Pahlawan (TMP) Balai Buntar Kota Bengkulu dan Kediaman Bung Karno saat diasingkan ke Bengkulu pada 1938-1942 lalu.

Komandan Korem Kolonel Inf Fajar Budiman SIP Melalui Pgs. Kapenrem Mayor Chk Yadi Cahyadi SH mengatakan karya bakti tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk mengisi HUT Korem 041 Gamas yang ke-70. Sebelumnya juga sudah dilakukan berbagai kegiatan, seperti pengobatan, sunatan massal dan pemasangan KB secara gratis kepada masyarakat.

“Hari ini kita laksanakan karya bakti membersihkan Taman Makam Pahlawan Balai Buntar dan rumah kediaman Bung Karno. Kegiatan ini bertujuan agar kita selalu dapat mencontoh jiwa patriotis dan semangat berkorban layaknya para pejuang bangsa untuk kebebasan manusia dari penjajahan,” kata Yadi, kemarin.

Dengan ada kegiatan itu, ia juga berharap terwujud dan bangkitnya semangat jiwa kebangsaan sebagai generasi penerus. Sebab, bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawannya.

“Rumah kediaman Bung Karno merupakan salah satu tempat wisata sejarah kebanggaan masyarakat Bengkulu yang harus dijaga dan dirawat, sehingga kita pilih sebagai tempat karya bakti, selain Taman Makam Palhawan Balai Buntar,” terangnya.(400)