Tingkatkan Wawasan Kebangsaan

Diskusi publik
KEPAHIANG, BE – Komandan Kodim (Dandim) 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Sugi Mulyanto SSos mengatakan, generasi muda harus memiliki wawasan kebangsaan. Hal ini disampaikannya dalam Diskusi Publik Peningkatan Wawasan Kebangsaan di aula Kesbangpol Kepahiang, kemarin (31/3).
“Informasi dari media massa, baik cetak dan elektronik harus bisa dimaknai. Para generasi muda jangan menelan mentah-mentah informasi yang didapat. Harus disaring dan dibandingkan lagi,” kata Sugi.
Ia menjelaskan bahwa Indonesia memiliki ideologi Pancasila yang merupakan landasan sebagai pedoman menyaring ideologi Barat mau pun paham lain yang berkembang. “Ideologi kita adalah Pancasila yang sudah dibahas oleh founding father kita. Paham-paham radikal yang datang melalui media massa dan media sosial harus ditelaah dan jangan sampai bertentangan dengan Pancasila,” sampainya.
Narasumber lainnya pada diskusi tersebut, Kakan Kemenag Kepahiang, H Paimat MHI mengungkapkan bahwa sampai saat ini, pengaruh negatif budaya luar dan paham radikal terus menghantui. “Kita harus membentengi diri dengan memperluas wawasan. Jangan berpedoman dengan satu dalil yang cara memahaminya juga masih dangkal,” kata Paimat.
Hal serupa juga diungkapkan Kakan Kesbangpol, Zen Pinani MSi. Ia mengatakan bahwa para pemuda terutama pelajar harus mampu membentengi diri dengan pemahaman kebangsaan.
“Empat pilar kebangsaan adalah harga mati bagi kita. Jangan sampai meninggalkan itu, karena itu pedoman bagi kita menangkal gerakan radikal,” katanya. (505)